Connect with us

Lifestyle

Tisu Toilet Digunakan untuk Bersihkan Mulut, Ini Bahayanya!

Published

on

Ilustrasi penggunaan tisu toilet untuk mengelap mulut

Geosiar.com, Lifestyle – Apakah kamu pernah makan di warung tenda dan menemukan tisu toilet yang digunakan untuk mengelap mulut usai menyantap makanan? Jika iya, sebaiknya kamu tidak menggunakan tisu itu untuk membersihkan mulutmu.

Perlu diketahui, tisu memiliki berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda. Jadi, kita perlu memerhatikan tisu yang akan dipilih sesuai dengan tujuan penggunaanya. Contoh tisu sesuai dengan penggunaanya, facial tissue untuk mengelap wajah, toilet tissue untuk pengganti air saat BAB, napkin tissue untuk membersihkan mulut seusai makan dan multi purpose tissue untuk membersihkan segala hal.

Namun, di Indonesia, penggunan tisu toilet sangat sering disalah gunakan sebagai pengganti tisu makan. Nah, jika kamu sembarangan memakai tisu bisa jadi ada bahanya lho.

Berikut ini, dilansir dari doktersehat.com, merupakan bahaya penggunaan tisu toilet untuk makanan.

Beresiko menyebabkan keracunan

Tisu toilet kebanyakan terbuat dari serat daur ulang. Tisu dari serat daur ulang ini sangat mudah terkontaminasi bakteri jenis Bacillus yang dapat menyebabkan keracunan makanan, infeksi mata, paru-paru, darah dan sistem saraf pusat.

Para peneliti di Laval University di Kanada menguji enam merek tisu toilet komersial, hasilnya konsentrasi bakteri di dalam kertas daur ulang adalah sekitar 100-1.000 kali lipat lebih tinggi.

Beresiko mengalami gangguan pencernaan

Selain itu, tisu ini sifatnya mudah hancur ketika terkena mulut atau air. Takutnya serpihan tisu nanti akan secara tidak sengaja masuk ke mulut dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.