Connect with us

Pilpres 2019

Penonton yang Tertawa Dilarang Hadir di Debat Kelima, TKN: Salah Prabowo

Published

on

Prabowo Subianto

Geosiar.com, Jakarta – Penonton di debat keempat Pilpres 2019 yang tertawa saat Prabowo Subianto berbicara soal pertahanan tidak diperbolehkan lagi mengikuti debat kelima. Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin malah menyalahkan Prabowo. Mengapa?

Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Ma’ruf, Inas Nasrullah Zubir, yang hadir dan menonton langsung dari venue mengatakan momen Prabowo menunjuk-nunjuk pendukung yang tertawa menurutnya bukan hanya dari pendukung Jokowi saja yang tertawa.

“TKN duduk di sayap sebelah kiri, kemudian di tengah adalah undangan dari kelompok masyarakat dan di sayap kanan adalah BPN. Kalau kita merefer kembali suasana debat pada tanggal 30 Maret 2019 yang lalu, maka sepengetahuan saya yang tertawa pada saat itu adalah sebagian dari TKN di sayap kiri belakang dan sebagian dari undangan dari kelompok masyarakat di bagian tengah,” tutur Inas, Senin (1/4/2019).

Inas menyebutkan, KPU dan Komite Damai yang ditugaskan mengamankan perjalanan debat tidak boleh secepatnya menyalahkan penonton yang tertawa. Menurutnya, Prabowo yang mesti disalahkan karena melontarkan candaan.

“Penyebabnya adalah Prabowo Subianto sendiri! Di mana gestur maupun kalimat yang diucapkan pada saat itu layaknya seperti stand up comedy, yakni sebagai berikut: ‘Saya bukan menyalahkan, saya berpendapat, kekuatan pertahanan kita masih rapuh, salah siapa? Salah nggak tahu saya.’ jelas Inas.

Anggota DPR itu meminta Prabowo tidak melucu jika tidak sudi ditertawakan. Dia meminta KPU dan Komite Damai memperingatkan Prabowo dan tidak perlu mencari kambing hitam ‘siapa penonton yang akan dikorbankan untuk tidak diundang lagi’.