Connect with us

Pilpres 2019

Pengamat: Prabowo Dominasi Isu Pertahanan dan Keamanan, Jokowi Tampak Grogi

Published

on

Rilis poster debat keempat capres Pilpres 2019

Geosiar.com, Jakarta – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dinilai lebih mendominasi dalam pembahasan isu pertahanan dan keamanan nasional pada debat keempat capres Pilpres 2019, Sabtu (30/3/2019).

Sebelumnya, Prabowo kerap menyebut sepemikiran dengan gagasan dan jawaban yang diutarakan Jokowi saat ditanyai tema lain. Misalnya terkait tema ideologi Pancasila, baik Jokowi maupun Prabowo sama-sama menilai penerapan Pancasila harus dilakukan sejak pendidikan dini. 

Namun, keadaan berubah ketika keduanya ditanyai isu pertahanan nasional, Prabowo tampak leluasa dan cenderung meledak-ledak saat memberi tanggapan. Sedangkan Jokowi terlihat gugup dan cenderung menarik diri.

Hal ini mendapat perhatian dari beberapa pengamat politik. 

Direktur Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Jokowi memperlihatkan bahasa tubuh grogi. Menurutnya, Jokowi tak menyangka akan keagresifan lawannya itu saat memberi tanggapan isu pertahanan dan keamanan nasional.

“Saya lihat mental Pak Jokowi down karena Prabowo yang selama ini tidak agresif, tidak emosional tiba-tiba nge-gas. Mungkin ini memengaruhi dan membuat mental Jokowi jatuh,” ujar Pangi, Sabtu (30/3).

Pangi menilai, kondisi ini terjadi karena Prabowo merupakan mantan Komandan Jenderal Kopassus sehingga bisa tampil  percaya diri sejak awal isu pertahanan diangkat.

Senada, pengamat politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno juga menyebut, debat keempat lebih menarik dari debat sebelumnya karena Prabowo lebih agresif dan menyerang dalam berbagai isu.

“Debat malam ini jauh menarik dari debat sebelumnya. Prabowo tampil menyerang dalam berbagai isu salah satunya soal kebocoran negara dan pertahanan keamanan yang dianggap masih lemah,” ucap Adi menanggapi debat capres, di Jakarta, Sabtu malam.

Selain itu, dia menilai, Prabowo ingin menunjukkan kemampuannya di bidang militer. Hal itu dapat dilihat dari bagaimana Prabowo berulang kali menyebut pengalamannya di militer. 

“Dia (Prabowo) mau menunjukkan superioritasnya di bidang pertahanan dan keamanan dari Jokowi. Jadi tampil agak menggebu-gebu,” ujar Adi.

Anak Amien Rais, Hanum Rais turut menanggapi penampilan Jokowi saat berhadapan dengan Prabowo tadi malam. Dia menilai Jokowi terkejut melihat penampilan Prabowo yang cukup apik.

Hanum mengomentari bahasa tubuh Jokowi saat debat capres dalam akun sosial media twitter pribadinya. 

“Pembukaan visi misi yang begitu memukau dari @prabowo sehingga membuat Presiden @jokowi terasa mjd membebek dengan visimisinya. Bahasa tubuh petahana tampak terkejut dengan penampilan penantang.

Semacam ada psychological shaking mengingat sisa waktu begitu banyak. He was numb.” tulis Hanum di akun Twitternya.

Debat keempat Pilpres 2019 mengangkat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.