Connect with us

Pilpres 2019

Viral! Prabowo Peluk Nenek dan Beri Uang Rp 500 Ribu Saat Kampanye, BPN: Itu Wajar Saja

Published

on

Prabowo Subianto Bersama Seorang Nenek di Lapangan Karang Pule, NTB

Georsiar.com, NTB – Calon Presiden nomor 02 Prabowo Subianto menggelar kampanye terbuka di lapangan Karang Pule NTB, Selasa (26/3). Saat berkampanye di atas panggung, terlihat seorang nenek merangsek naik panggung, kemudian berbisik dan menitipkan pesan kepada Prabowo. Peristiwa ini menjadi viral setelah Jubir Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, memotret dan mengunggah fotonya pada twitter pribadinya.

Setelah foto itu beredar, sosok nenek tersebut kembali muncul dalam sebuah vlog yang diambil bersama seorang pria, diduga kerabat dekat sang nenek. Pada vlog itu, sang nenek mengaku mendapatkan uang Rp 500 ribu setelah pertemuannya dengan Prabowo.

“(Dapat) Rp 500 ribu, salaman gini tangannya begini, dipeluk, dicium, salam dua jari Pak Prabowo,” ujar nenek tersebut di video.

Peristiwa ini sontak menjadi buah bibir di kalangan masyrakat, baik pro maupun kontra Prabowo. Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade angkat bicara, ia membantah pihaknya membagikan uang kepada nenek tersebut saat kampanye di lapangan Karang Pule NTB.

“Untuk urusan duit itu masih rumor, kita enggak pernah melakukan politik uang,” tegas Andre kepada awak media.

Meski hanya rumor, Andre menganggap pemberian uang kepada nenek itu merupakan hal wajar. Menurutnya, uang itu adalah bentuk apresiasi sekaligus simpati atas kegigihan sang nenek yang berjuang naik ke atas panggung demi bertemu Prabowo.

“Kalau soal uang jika ada ya menurut saya hal yang wajar. Mungkin Pak Prabowo bersimpati, mengapresiasi kegigihan nenek tersebut karena merangsek ke panggung. Bayangkan nenek setua itu berusaha keras bertemu Pak Prabowo,” tambahnya.

Andre menduga adanya isu politik uang yang sengaja ditujukan kepada Prabowo-Sandiaga. Selain isu politik uang, menurutnya, ada rumor lain yang mengatakan kalau nenek tersebut sengaja dibawa pihak tertentu untuk berakting di atas panggung.

“Ini rumor dikembangkan karena kampanye Pak Prabowo luar biasa. Bukan hanya uang 500 tapi ada juga isu nenek ini dibawa dari Jakarta untuk berakting,” ungkapnya.

Kejadian ini mendapat respon dari kubu paslon nomor urut 01, Jokowi- Ma’ruf Amin Arya Sinulingga. Ia menyayangkan sikap kubu Prabowo yang kerap melakukan kampanye rekayasa.