Connect with us

Fashion

Batik Indonesia di Tren Fashion 2019

Published

on

Fashion Show Batik

Geosiar.com, Surakarta – Batik diprediksi akan menjadi salah satu fesyen terpopuler di tahun 2019. Batik dengan motif floral akan menjadi pilihan konsumen yang bakal menjadi salah satu tren.

Jane Singer, Director & Head of Market Intelligence Inside Fashion Grup, menyatakan bahwa potensi yang dimiliki Indonesia pada industri fesyen batik sangat besar. Hal ini dikarena wisatawan sering datang ke Indonesia untuk mencari produk lokal, diantaranya batik.

“Namun, perlu transformasi sedikit untuk selera internasional,” ungkap Jane usai seminar Advantages of US Cotton Textiles Products and Future Fashion Trends in the Global Market yang digelar di Solo, Jawa Tengah, Selasa (26/3).

Jane mengharapkan model tradisional batik bisa sedikit dimodifikasi sehingga menjadi modern batik agar cocok dengan selera luar negeri. Dia menekankan peran penting penggunaan bahan yang berkualitas untuk memproduksi batik. Tak hanya itu, permainan warna yang cerah, hasil cetak yang bagus, serta bahan yang nyaman juga turut menyumbang kualitas batik di mata pembeli.

Dalam seminar kerjasama Cotton Council Indonesia (CCI) dan Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) yang diikuti pelaku bisnis industri tekstil dan fesyen designer, Jane mengungkapkan, untuk menggaet konsumen internasional harus menggunakan bahan kapas berkualitas tinggi, seperti Cotton USA. Dia juga berpendapat dengan menggunakan kualitas ekspor, produk akan dihargai lebih tinggi dan perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.