Connect with us

Dunia

Yordania Kesal Rumania Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Published

on

Raja Yordania Abdullah II

Geosiar.com, Amman – Yordania mengaku kesal setelah Rumania memutuskan untuk mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Bahkan Raja Abdullah II dilaporkan membatalkan rencana kunjungannya ke Rumania pasca pengakuan itu.

“Raja Abdullah II membatalkan kunjungannya ke Rumania yang dijadwalkan dimulai Senin, dalam solidaritas dengan Yerusalem,” ujar Kementerian Luar Negeri Rumania, seperti dikutip dari Arab News pada Selasa (26/3/2019).

Sementara Perdana Menteri Rumania, Viorica Dancila di konferensi tahunan Komite Urusan Publik Israel Amerika di Washington mengumumkan bahwa dia mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel

“Saya sebagai perdana menteri Rumania, dan pemerintah yang saya kelola, akan memindahkan kedutaan kami ke Yerusalem, ibu kota negara Israel,” tutur Dancila dalam pertemuan tersebut.

Akan tetapi Presiden Rumania, Klaus Iohannis, sosok yang layak dan bertanggung jawab atas kebijakan luar negeri negara Eropa Timur itu mengungkapkan bahwa Dancila belum berkonsultasi dengannya soal keputusan tersebut.

“Dia tidak memahami kebijakan luar negeri,” kata Iohannis.

Keputusan yang diambil oleh Dancila ini dianggap kontroversial karena bertentangan dengan Uni Eropa (UE). Saat ini Rumania tengah menjabat sebagai Presiden bergilir UE. (Tees)