Connect with us

Sumut

Kemendagri Ajak Ormas Sukseskan Pemilu

Published

on

Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Kemendagri (Foto: jpnn.com)

Geosiar.com, Medan – Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Kemendagri, Lutfi menghimbau setiap organisasi masyarakat (ormas) agar turut serta menyuseskan Pemilu dan Pilpres 2019 saat acara kegiatan bertajuk Komunikasi Sosial Kemasyarakatan dan Pembahasan Isu-Isu Strategis Bidang Organisasi Kemasyarakatan di Hotel Le Polonia Medan, Senin (25/3).

Lutfi mengatakan bahwa ormas memiliki peran penting bagi negara dimulai dari pascareformasi, sehingga tidak bisa disepelekan dalam hal peningkatan partisipan pemilih pada pemilu.

“Justru kuncinya terletak pada keaktifan pemilih untuk menggunakan hak pilihnya. Ormas memiliki posisi kunci untuk turut menyukseskan hal tersebut,” kata Lutfi saat acara itu.

“Ormas telah lahir dan berperan, bahkan sebelum partai politik eksis pada masa pra-kemerdekaan Indonesia,” lanjutnya.

Menurutnya, target 77,5 persen yang ditetapkan Bappenas tidak akan sulit dicapai jika saja seluruh ormas turut berpartisipasi dalam mensosialisasikan langsung kepada masyarakat. Lutfi juga menyatakan bahwa keberhasilan pemilu bukan hanya kewajiban dari para penyelenggara, seperti Kemendagri, KPU, dan instansi terkait lainnya. (YRS)