Connect with us

pemilu 2019

Hasil Survei Elektabilitas: Joko Widodo – Ma’ruf Amin Masih Unggul

Published

on

Ilustrasi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dalam Pilpres 2019 (Dikutip: tribunwow.com)

Geosiar.com, Jakarta – Survei elektabilitas calon presiden dan wakil presiden oleh beberapa lembaga survei menjelang Pemilihan Umum pada 17 April 2019 mendatang masih terus dilakukan. Berdasarkan hasil survei dari tiga lembaga di Indonesia yakni New Indonesia, Litbang Kompas, dan Vox Populi Research Center, pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin masih unggul dalam survei elektabilitas yang dilakukan.

Lembaga Survei Litbang Kompas

Berdasarkan Survei yang dilakukan Litbang Kompas pada 22 Februari 2019 – 5 Maret 2019 menunjukkan, jarak elektabilitas antara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, semakin tipis. Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf berada di angka 49,2 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 37,4 persen. Adapun, 13,4 persen responden menyatakan rahasia. Hasil survei ini menunjukan elektabilitas paslon nomor urut 01 lebih unggul.

Menurut Bambang Setiawan, salah satu peneliti Litbang Kompas, jarak elektabilitas kedua pasangan calon semakin menyempit, yaitu 11,8 persen dari survei sebelumnya pada Oktober 2018 yang berjarak 19,9 persen.

Lembaga Survei New Indonesia Research & Consulting (NIRC)

Survei juga dilakukan oleh Lembaga survei New Indonesia Research & Consulting (NIRC) yang digelar pada 1-10 Maret 2019 dengan melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi yang dipilih secara acak bertingkat. NIRC merilis hasil survei elektabilitas terhadap capres dan cawapres, Jokowi-Ma’ruf Amin sebesar 55,8 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga 34,3 persen. Adapun, 9,8 persen responden tidak tahu/tidak jawab. Berdasarkan survei New Indonesia Research & Consulting (NIRC) menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin masih menjadi terunggul.

Lembaga Survei Vox Populi Research Center

Survei terbaru digelar oleh Vox Populi Research Center pada 5-15 Maret 2019. Hasil survei menunjukkan elektabilitas pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul dibandingkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jumlah responden dalam survei ini sebanyak 1.200 orang mewakili 34 provinsi, kemudian dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Hasil survei menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 54,1 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 33,6 persen. Adapun jumlah responden yang memilih tidak tahu/tidak menjawab sebesar 12,3 persen.

“Tingginya kepuasan terhadap kinerja pemerintah terkonversi dalam elektabilitas Jokowi yang jauh mengungguli Prabowo-Sandiaga, yakni terpaut 20 persen,” ujar Direktur Riset Vox Populi Research Center Dika Moehamad dalam siaran pers resminya, Senin (25/3).