Connect with us

Nasional

MRT Resmi Beroperasi, Pesan Jokowi: Antre, Disiplin, dan Jangan Nyampah

Published

on

Peresmian MRT Jakarta Fase I di Bundaran Hotel Indonesia

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian MRT (Moda Raya Transport) Jakarta Fase I di Bundaran HI hari ini, Minggu (24/3/2019). MRT ini memiliki rute dari Lebak Bulus sampai Bundaran Hotel Indonesia.

Pada peresmian itu, Jokowi terlihat santai mengenakan kaos lengan panjang abu-abu dengan celana jeans biru. Peresmian ini dipadati oleh warga yang tengah berolahraga karena juga bertepatan dengan event car free day yang rutin dilaksanakan setiap Minggu pagi.

Selain warga, peresmian ini juga dihadiri Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Desa dan Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, serta beberapa artis ibukota, seperti Andien, Anggun, Ayushita, Lukman Sardi, Reza Rahardian, Naff, D’Massiv, serta artis lainnya.

Dalam pidatonya, Presiden RI, Jokowi mengatakan kehadiran MRT merupakan sebuah budaya baru bagi transportasi di Indonesia. Bentuk perubahan budaya itu terlihat dari sejumlah fasilitas di lokasi stasiun MRT. Gate masuk tidak dioperasikan oleh manusia, melainkan mesin yang akan dibuka dan ditutup secara otomatis.

“Ini adalah sebuah budaya baru karena merupakan yang pertama di Indonesia,” ujar Jokowi.

Mantan DKI Jakarta ini juga berpesan agar pengguna MRT Jakarta juga ikut berpartisipasi merawat dan menjaga kebersihan fasilitas transportasi tersebut.

“Apa yang ingin saya titip? Pertama, jangan buang sampah di MRT dan stasiun MRT kita. Jaga agar MRT dan stasiun yang kita miliki tidak kotor. Sanggup?” ujar Jokowi.

Dia juga berpesan agar membudayakan antre dan disiplin waktu ketika menggunakan moda transportasi berbasis rel ini.

“Kalau mau naik MRT ngantre jangan desak-desakkan. Budayakan antre dan disiplin waktu,” ujar mantan wali Kota Solo itu.

Jokowi mengakhiri pidatonya dengan mengucapkan, “Bismillahirrahmanirrahim MRT fase pertama saya nyatakan dioperasikan,” kata Jokowi mengakhiri.

Meski telah diresmikan, MRT Jakarta akan benar-benar beroperasi secara komersial pada 1 April 2019. Selama seminggu dari tanggal 25 hingga 31 Maret 2019, MRT masih gratis namun menggunakan tiket jelajah yang dapat ditemui di setiap stasiun. (YRS)