Connect with us

Dunia

Trump: Saatnya Bagi AS Akui Kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan

Published

on

Geosiar.com, AS – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald John Trump mengingatkan bahwa sudah waktunya AS mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan. Itu merupakan wilayah Suriah yang diduduki sejak perang 1967.

Trump menyampaikan seruan Washington untuk mengakui kontrol Israel atas wilayah melalui akun twitternya.

“Setelah 52 tahun, saatnya bagi Amerika Serikat untuk sepenuhnya mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan, yang sangat penting bagi keamanan strategis dan keamanan bagi negara Israel dan stabilitas regional!,” tulis Trump di akun Twitter-nya, @realDonaldTrump, Kamis (21/3/2019).

Trump mengumumkan hal tersebut setelah langkah mengejutkan Departemen Luar Negeri AS dalam laporan HAM tahunan untuk 2018 pekan lalu yang memilih untuk menghapus kata “diduduki” ketika mengacu pada Dataran Tinggi Golan.

Sementara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut baik pernyataan Trump tersebut. Pemimpin negara mayoritas Yahudi itu mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Trump.

“Pada saat Iran berusaha menggunakan Suriah sebagai platform untuk menghancurkan Israel, Presiden Trump dengan berani mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan. Terima kasih Presiden Trump! @realDonaldTrump,” tulis Netanyahu via akun Twitter-nya, @netanyahu.

Waktu pengumuman dari presiden Amerika itu bertepatan dengan kampanye pemilu di Israel. Negara itu akan menggelar pemilu pada 9 April 2019 mendatang. Netanyahu menambahkan presiden AS baru saja membuat sejarah.

Utusan AS untuk Timur Tengah Jason D. Greenblatt memuji pengumuman Trump sebagai keputusan yang berani.

“Keputusan berani dan bersejarah lainnya dari @POTUS yang memahami Israel dan kebutuhan keamanannya. Terima kasih Presiden Trump atas kepemimpinan luar biasa Anda!,” tulis Greenblatt melalui akun Twitter-nya, @jdgreenblatt45.