Connect with us

Korupsi

LANJUTAN KASUS OTT DIREKTUR KRAKATAU STEEL, KPK TETAPKAN EMPAT TERSANGKA

Published

on

Wakil Ketua KPK Saat Konferensi Pers Terkait OTT Direktur PT. Krakatau Steel (Foto detik.com)

Geosiar.com, Jakarta – Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Direktur Krakatau Steel masih terus dikembangkan. Sabtu (23/3), KPK telah menambah dua orang lagi untuk diamankan terkait adanya hubungan dengan kasus korupsi Direktur Krakatau Steel.

“Sampai pagi ini ada dua orang lagi yang di bawa ke kantor KPK,” ungkap Kepala Biro Humas KPK saat dihubungi, Sabtu (23/3). Dua orang yang diamankan terdiri dari unsur swasta dan pegawai BUMN.

Sampai hari ini, KPK sudah mengamankan enam orang untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. Sebelumnya pada Jumat (22/3), KPK sudah menangkap empat orang pada OTT di Jakarta, kawasan BSD, Tangerang Selatan, dan Banten. Keempat orang yang terlibat transaksi suap terkait dengan proyek di Krakatau Steel tersebut diantaranya Direktur Teknologi dan Produksi PT. Krakatau Steel (Persero) Wisnu Kuncoro dan Alexander Muskitta yang diduga sebagai penerima. Kemudian, Kenneth Sutardja dan Kurniawan Eddy Tjokro (masih buron) yang diduga sebagai pemberi. 

Tak hanya menerima suap dalam bentuk uang tunai, Direktur itu juga menerima suap melalui sarana perbankan. Saat ini, KPK sedang mendalami transaksi suap tersebut.

“Diduga ada kombinasi transaksi antara pemberian secara cepat dan penggunaan sarana perbankan. Keduanya sedang didalami, baik transaksi yang gunakan rupiah ataupun dolar,” jelas Febri Diansyah.

Malam ini, Sabtu (23/3), KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka atas penerimaan hadian atau janji pengadaan barang dan jasa di PT. Krakatau Steel. Keempat orang itu adalah Wisnu Kuncoro dan Alexander Muskitta yang diduga sebagai penerima. Kemudian, Kenneth Sutardja dan Kurniawan Eddy Tjokro (masih buron) yang diduga sebagai pemberi. Sedangkan dua lainnya masih menjalani pemeriksaan intensif di gedung KPK. (YRS)