Connect with us

Pilpres 2019

Jelang Kampanye Terbuka Pilpres 2019, Bawaslu Tekankan Deklarasi Damai

Published

on

Deklarasi Komitemen Bersama di Gedung Bawaslu

Geosiar.com, Jakarta – Kampanye Terbuka Pilpres 2019 akan digelar serentak mulai Minggu (24/3) besok. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bersama peserta Pemilu 2019 melakukan komitmen bersama menjelang kampanye terbuka.

Ketua Bawaslu Abhan menjelaskan komitmen yang akan diusung pada kampanye terbuka besok yakni tidak melibatkan anak-anak dalam kampanye dan termasuk iklan kampanye pemilu. 

“Agar tercipta kampanye yang damai, beretika, bermartabat pada pelaksanannya, Maka itu Bawaslu dan peserta Pemilu 2019 mendeklarasikan komitmen bersama,” ujar Abhan saat acara Deklarasi Komitmen Bersama di Kantor Bawaslu (23/3).

Menurutnya, jika peserta pemilu tidak punya kesadaran melakukan kampanye secara bermartabat, santun, tertib, dan taat pada peraturan yang ada, itu dapat mengakibatkan ketidakmurnian pada hasil Pemilu mendatang.

Merespon deklarasi komitmen, kedua pihak peserta Pemilu 2019 yang diwakili masing-masing tim suksesnya, menanggapinya dengan positif.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin meyakinkan pihaknya akan mengikuti komitmen itu.

“Kami sudah janji dan deklarasikan, Insya Allah kami akan selalu jaga hal itu. Kami sudah sadar,” Ungkapnya.

Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi juga mengatakan hal senada. Ia menyatakan mereka akan siap diawasi dan meminta masyarakat segera melapor apabila terjadi pelanggaran dalam proses kampanye nantinya.

“Jika ada pelanggaran, harap dilapor ke Tim, KPU atau Bawaslu. Kami siap diawasi,” ujarnya usai menghadiri acara tersebut.