Connect with us

Nasional

Akhirnya Terungkap Pemilik Mobil Berpelat Dinas TNI di Acara Prabowo-Sandi

Published

on

TNI Saat Jumpa Pers Mengenai Kasus Mobil Dinas TNI Berpelat 3005-00

Geosiar.com, Jakarta – Sempat menjadi berita viral, akhirnya Markas Besar (Mabes) TNI angkat suara ungkap pemilik mobil Mitsubishi Pajero hitam berpelat dinas TNI 3005-00 di acara politik Prabowo-Sandi, Jumat (22/3) kemarin.

Setelah melakukan penyelidikan secara mendalam di lingkungan internal TNI dan terhadap pihak-pihak terkait di lapangan, tidak ditemukan adanya keterlibatan antara prajurit TNI dalam acara yang diadakan Paslon 02 Prabowo-Sandi.

Pada Jumat (22/3) kemarin, Komandan POM TNI, Mayjen Dedy Iswanto menjelaskan bahwa Mobil berpelat nomor 3005-00 itu biasanya digunakan pejabat tertentu di lingkungan Mabes TNI dan bersifat terbatas. Mobil itu terdaftar sebagai kendaraan dinas jenis sedan milik Detasemen Markas (Denma) Mabes TNI.

“Setelah melakukan penyelidikan di lingkungan internal TNI, POM TNI mengembangkan penyelidikan terhadap pihak-pihak terkait di lapangan. Tidak ditemukan indikasi keterlibatan prajurit TNI dalam kasus ini,” ungkap PLH Kabidpenum Puspen TNI, Letkol Inf Abidin Tobba, Sabtu (23/3).

“Pemilik mobil Pajero berpelat nomor dinas TNI 3005-00 itu adalah seorang purnawirawan TNI berinisial RAT. Yang bersangkutan udah kembalikan mobilnya tapi pelatnya belum” lanjutnya.

Kemudian Abidin memaparkan kronologi atas keberadaan mobil dinas TNI di wilayah acara Paslon 02 hari itu.

“Hari itu (Kamis, 22/3) yang bersangkutan memerintahkan sopirnya, berinisial L, membeli nasi bungkus untuk dikirim ke Gedung Pajajaran, Bogor. Awalnya mobil tersebut berangkat dengan menggunakan nomor registrasi sipil. Namun, karena macet, sopirnya (L) berinisiatif mengganti dengan pelat nomor dinas menuju Gedung Pajajaran Bogor,” paparnya.

Kini POM TNI telah menyita pelat nomor dinas TNI 3005-00 yang tidak dilengkapi BNKB (STNK TNI) tersebut. (YRS)