Connect with us

Sumut

Ribuan Personel Gabungan Siap Amankan Pemilu 2019 di Sumut

Published

on

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto

Geosiar.com, Medan – Sebanyak 13.002 personel gabungan dipersiapkan untuk mengamankan jalannya proses pemilihan umum (pemilu) yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang. Dua pertiganya adalah bantuan dari TNI.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto pada apel pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2019 Jumat (22/3/2019) mengatakan kegiatan tersebut merupakan komitmen bersama TNI-Polri untuk menyukseskan jalannya Pemilu 2019.

Agus menjelaskan, dirinya dan pihaknya akan bersatu untuk melakukan upaya meluruskan berita-berita hoaks (tidak benar), sehingga masyarakat tetap rukun, tertib, aman dan damai. Keamanan dan ketertiban bukan hanya untuk satu atau dua golongan, namun dilakukan kepada seluruh warga Sumatera Utara, kata Agus.

“Sinergitas kita sekalian sangat dibutuhkan. Oleh karena itu apa yang digelar dan diprakarsai mudah-mudahan memberikan semangat kepada kita sekalian,” ujarnya.

Sementara untuk pola pengamanan, tambah Agus, tergantung pada karakteristik daerah masing-masing. Hal itu dikarenakan setiap daerah memiliki tingkat kerawanan sendiri.

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilla mengatakan, khusus untuk Sumatera Utara pihaknya memperbantukan 9 ribu pasukan. Namun jumlah itu bisa saja bertambah jika Polda Sumatera Utara memerlukan tambahan.

“Prinsipnya kita siap mendukung Polda Sumut untuk menciptakan proses Pileg dan Pilpres sampai selesai,” sebutnya.

Mantan Kapus Penkum Mabes TNI itu juga mengatakan, agar Pemilu 2019 berlangsung aman, nyaman dan tertin serta Luber tidak bisa hanya melibatkan personil TNI dan Polri saja. Alangkah baiknya, semua pihak turut bertanggungjawab dan mengamankan demi kesuksesan pesta demokrasi 2019.