Connect with us

Pilpres 2019

Pantau Persiapan Debat Keempat Pilpres 2019, KPU: Konsep Mirip Debat Ketiga

Published

on

Komisioner KPU Wahyu Setiawan

Geosiar.com, Jakarta – Debat Keempat Pilpres 2019 akan digelar pada 30 Maret mendatang. Tak sedikit masyarakat yang penasaran dengan konsep yang akan ditampilkan oleh masing-masing paslon. KPU dan kedua tim paslon presiden dan wakil presiden pun ternyata sudah mengadakan rapat terkait persiapan pada debat keempat mendatang, di kantor KPU, Jumat (22/3).

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menjelaskan perihal hasil rapat sore ini dimana kedua paslon menyepakati kalau konsep yang diselenggarakan pada debat ketiga kemarin (17/3)  sudah cukup baik. Berdasarkan kesepakatan itu, maka format dan mekanisme pada debat keempat nanti akan serupa seperti debat sebelumnya.

“Walau serupa, akan ada sedikit perubahan untuk segmen keempat dan kelima. Giliran bicara dalam waktu delapan menit di tiap segmen tersebut akan diatur sedemikian rupa oleh moderator. Supaya ada keadilan untuk masing-masing kandidat dalam menyampaikan pandangannya atau menjawab pertanyaan,” jelas Wahyu.

Ditanya mengenai moderator yang akan memimpin jalannya debat, Wahyu membocorkan kalau KPU belum memutuskan siapa yang dipilih sebagai moderator untuk debat keempat ini.

“Belum ada keputusan siapa yang menjadi moderator karena belum ada kesepakatan terkait nama moderator dari Tim Kampanye Nasional Jokowi-Amin dan Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi,” ungkapnya.

Wahyu juga membocorkan ada sembilan kandidat nama moderator yang diusulkan untuk debat keempat ini. Hal itu akan diputuskan dalam rapat yang digelar pada Senin (25/3) mendatang.

“Kami memutuskan hari Senin akan mengadakan rapat lanjutan untuk memutuskan beberapa hal yang belum tuntas, salah satunya terkait moderator debat keempat,” lanjutnya.

Debat keempat akan diselenggarakan selama dua jam yang akan dibagi ke dalam enam segmen. Tema yang diangkat dalam debat ini adalah mengenai ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional. (YRS)