Connect with us

Nasional

Jokowi Bagikan 5.000 Sertifikat Tanah Kepada Warga Bogor

Published

on

Serahkan Sertifikat Tanah ke 5 Ribu Warga Bogor (Liputan6)

Geosiar.com, Bogor – Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi membagikan sebanyak 5.000 sertifikat tanah kepada warga Kota Bogor dan Kabupaten Bogor Jawa Barat. Pembagian sertifikat tanah ini atas dasar program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) 2019.

Jokowi mengungkapkan, pemerintah berkomitmen untuk mempercepat proses penerbitan sertifikat tanah. Kebijakan itu dilakukan agar konflik lahan di tengah masyarakat tak kembali terjadi.

“Karena masyarakat enggak pegang yang namanya tanda bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki yang namanya sertifikat,” kata Jokowi saat membagikan sertifikat tanah di Lapangan Parkir Bogor Nirwana Residence Jawa Barat, Kamis (21/3/2019).

Jokowi mengaku kerap mendapat keluhan masyarakat soal konflik lahan setiap datang ke daerah. Konflik lahan biasanya melibatkan masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan pemerintah, ataupun masyarakat dengan perusahaan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan Badan Pertahanan Nasional seharusnya menerbitkan 116 juta sertifikat tanah kepada masyarakat. Akan tetapi BPN baru mengeluarkan 46 juta sertifikat hingga 2015.

“Setahun di seluruh Indonesia hanya diproduksi 500 ribu sertifikat setahun. Kalau masih 70 juta, nunggunya 160 tahun lagi baru selesai sertifikat. Siapa yang mau dapat sertifikat 160 tahun lagi? Silakan maju saya beri sepeda,” tambah dia.

Jokowi memohon agar masyarakat menjaga dokumen sertifikat tanah yang telah dibaginya. Dia pun mempersilakan masyarakat yang ingin menggadaikan sertifikat tanah. Namun, Jokowi mengingatkan agar uangnya digunakan untuk modal usaha dan investasi.

Jokowi berpesan agar jikalau masyarakat Bogor mendapat pinjaman gede, utamakan untuk modal usaha, modal kerja dan modal investasi.