Connect with us

Nasional

Akibat Materai Palsu Kerugian Negara Capai Rp30 Miliar

Published

on

Sejak 2013, Kerugian Negara Akibat Materai Palsu Capai Rp 30 Miliar (Merdeka.com)

Geosiar.com, Jakarta – Jaringan penerbit materai palsu berhasil dibekuk direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya berhasil membekuk. Seperti diketahui materai palsu tersebut diedarkan secara online.

Polisi mengamankan sebanyak sembilan orang pelaku berserta sejumlah barang buktinya.

Wakil Kapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat menjelaskan, dari hasil pengungkapkan kasus ini potensi kerugian negara ditaksir mencapai sekitar puluhan miliar. Hal tersebut terhitung sejak 2013 lalu.

Sementara barang bukti yang telah diamankan antara lain, mesin pembolong materai, plat alumunium, mesin cacah manual, tinta, lem, alat sablon, blengket, matrai palsu, amplop, hingga bahan baku materai palsu, mencapai Rp 10 miliar.

Wahyu menambahkan dalam pengembangan kasus ini juga pihaknya tidak berperan sendiri. Melainkan telah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dan PT Pos Indonesia.

Wahyu menjelaskan, butuh waktu sekitar 4 bulan dalam proses penyelidikan ini hingga berhasil mengamankan 9 orang dengan perannya masing-masing.
dan satu orang DPO (daftar pencarian orang).