Connect with us

Sumut

Walikota Medan Serukan Hindari Isu SARA Serta Ujaran Kebencian

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mendukung penuh pelaksanaan Pemilu berjalan dengan aman dan damai. Untuk itu Wali Kota minta kepada semua agar benar-benar melaksanakan tupoksinya masing-masing, terutama dalam menepis berita hoax, isu SARA serta ujaran kebencian.

Dengan demikian akan tercipta kondisi yang aman, tertib dan dinamis di tengah-tengah masyarakat Kota Medan.

Dikatakan Wali Kota, tidak dapat dipungkiri dalam praktik pelaksanaan pemilu selalu menimbulkan gejolak maupun keresahan di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya papar Wali Kota, munculnya berita hoax, isu SARA serta ujaran kebencian. Selain itu juga kemungkinan adanya upaya mobilisasi massa dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan tertentu.

“Saya berharap Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Medan dapat menjadi penyampai pesan dan mengajak masyarakat agar sama-sama menjaga kekondusifan Kota Medan yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Berbeda pilihan itu hal biasa, sebab  setiap orang berhak atas pilihannya masing-masing,” kata Wali Kota ketika menghadiri acara Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Kecamatan  di Aula Mapolres Pelabuhan Belawan, Selasa (19/3/2019).

Wali Kota selanjutnya mengungkapkan,  pembangunan yang dilakukan pemerintah pada dasarnya  tidak lepas dari peranan seluruh elemen masyarakat. Kaharmonisan ini bilang Wali Kota, harus disyukuri sebagai penghargaan terhadap ciptaan Allah SWT.

 “Hingga kini, saya berani mengatakan kita bisa,  kita siap dan kita telah buktikan keberagaman  tidaklah menjadi penghalang untuk maju tetapi justru menjadi motivasi yang luar biasa sehingga Kota Medan yang kita cintai bersama ini senantiasa menjadi aman, damai dan tentram,” ungkapnya.

Selanjutnya imbuh Wali Kota lagi, kerukunan agama yang tercipa tidak lepas dari peranan camat, lurah sampai kepada kepala lingkungan di wilayahnya masing-masing. Dalam melakukan pekerjaan, Wali Kota yakin aparatnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat itu  tentunya akan berhadapan dengan berbagai macam problematika.

Di samping itu Wali Kota juga ingin camat, lurah dan kepling  harus mampu menjaga kerukunan  di tengah-tengah kemajemukan masyarakat Kota Medan sehingga dapat membawa masyarakat di wilayahnya masing-masing  menuju suatu perubahan menjadi masyarakat yang religius. Kemudian menempatkan nilai-nilai agama sebagai basis perubahan menuju kehidupan yang lebih harmonis, aman, tentram, sejahtera lahir dan batin.

Sebelumnya Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis dalam sambutannya mengatakan, peranan FKUB sangat penting di tengah-tengah masyarakat, terutama dalam mewujudkan keharmonisan dan kerukunan umat beragama, khususnya wilayah Polrestabes Belawan yang meliputi empat kecamatan yakni Medan Belawan, Medan Marelan, Medan Labuhan serta Medan Deli.

Acara pembinaan  ini dirangkaikan dengan pembacaan Deklarasi Pemilu Damai 2019 yang dilakukan oleh 6 pemuka agama dari agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Khatolik, Hindu, Budhadan Konghucu disaksikan Wali Kota, Wakil Ketua DPRD Medan serta Kapolres Pelabuhan Belawan.            

Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Bersih Melayani di wilayah Polres Pelabuhan Belawan. Penandatangan juga turut dilakukan Wali Kota, Kapolres Pelabuhan Belawan beserta jajaran. Usai acara, Wali Kota kemudian melakukan peninjauan Kantor Kejaksaan Negeri Belawan bersama Kapolres Pelabuhan Belawan yang berada di dekat lokasi acara. (lamru)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sumut

Hasil Sementara, Prabowo-Sandi Unggul di Tebing Tinggi

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Lima kecamatan di Tebing Tinggi mencatat bahwa pasangan Prabowo-Sandi lebih unggul dibandingkan pesaingnya, Jokowi-Ma’ruf. Hal tersebut berdasarkan ke desk pemilu 2019 Pemkot Tebing Tinggi hingga pukul 23.30 WIB, Rabu (17/4/2019).

Perolehan suara sementara pasangan 02, Prabowo-Sandi di Kecamatan Padang Hilir sebanyak 22.231 suara, sementara Jokowi-Amin 8.547 suara.

Di Padang Hulu, pasangan 01 memperoleh 7.659 (01) dan 10.514 untuk pasangan 02. Di setya Tebing Tinggi Kota 6.369 diperoleh 01 dan 6.485 diperoleh 02.

Di Kecamatan Bajenis pasangan 01 mendapat suara 9.310, pasangan 02 peroleh suara 11.348 dan Kecamatan Rambutan pasangan Jokowi-Amin 8.777 suara dan pasangan Prabowo-Sandi 12.468 suara.

Penghitungan suara untuk pilpres tidak selesai karena sempat adanya kesalahan teknis, yaitu menyinkronkan pemilih menggunakan A5, dan adanya surat suara yang salah masuk kotak suara.

Data yang disampaikan ini masih bersifat sementara dan kemungkinan bisa berubah setelah dihitung ulang.

Continue Reading

Politik

Prabowo-Sandi Unggul di TPS Gubsu Hingga Wali Kota Medan

Published

on

Gubernur Sumatera Utara Mencoblos di TPS 46 Pangkalan Mansyur

Geosiar.com, Medan – Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang telak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 46, Pangkalan Mansyur, Medan, yang merupakan TPS-nya Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Selisih suara begitu jauh, Prabowo- Sandi memperoleh 128 suara, sementara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin hanya memperoleh 46 suara dari total 172 pemilih.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS tersebut, Kasyiati membenarkan kemenangan tersebut. Dirinya mengatakan bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 46 sebanyak 172 orang.

“Jumlah suara sebanyak 155 orang, surat suara semua sah tidak ada yang tidak sah. Artinya ada yang tidak menggunakan hak pilihnya alias golput,” ungkap Kasyiati, Rabu (17/4/2019).

Sementata itu, di TPS 112 tempat Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mencoblos kemenangan juga digenggam oleh paslon 02 tersebut.

Ketua KPPS pada TPS 112 Mushab mengatakan, Prabowo-Sandi meraih 115 suara sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin sebanyak 84 suara.

“Hanya satu suara yang tidak sah karena tidak dicoblos. Jumlah DPT di TPS 112 ini sebanyak 248 orang, dari data kita lihat ada 48 orang yang tidak menggunakan hak pilihnya,” ujar Mushab.

Continue Reading

Sumut

Gunakan Hak Pilih di TPS 46 Pangkalan Mansyur, Gubsu: Kertas Suaranya Besar

Published

on

Gubernur Sumatera Utara bersama keluarga sedang mencoblos

Geosiar.com, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 46 Lingkungan 7 bersama dengan istrinya Nawal Lubis dan dua anaknya. Saat mencoblos Edy mengakui kesulitan akibat ukuran surat suara yang besar.

“Sulit juga ternyata karena kertas suaranya ukurannya besar apalagi nanti pemilihnya orang tua, pasti lebih sulit,” ujarnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 46 Lingkungan 7, Kelurahan Pangkalan Masyhur, Kecamatan Medan Johor, Medan, Rabu (17/4/2019).

Edy tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam datang ke TPS bersama isterinya dan kedua anaknya. Tiba di TPS sekitar pukul 08.15 WIB dan mencoblos 08.32 WIB.

Edy berada didalam kotak suara sekitar delapan menit. Hingga kemudian memasukkan surat suara ke kotak suara.
Isteri Gubernur Sumut, Nawal Lubis juga mengakui hal sama.

“Kertasnya besar, payah buka dan lipatnya juga,” ujarnya.

Continue Reading

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com