Connect with us

Nasional

TKN: Sandiaga Boleh Lebih Muda, Tapi Ma’ruf Amin Jauh Lebih Visioner

Published

on

Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin

Geosiar.com, Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) paslon Jokowi-Ma’ruf Amin mengaku terkejut dengan penampilan cawapres nomor urut 01 di panggung saat debat ketiga. TKN membandingkan Ma’ruf dengan lawannya, Sandiaga Uno.

Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan, dengan tampilan debat tersebut rakyat seharusnya dapat melihat bahwa boleh jadi Sandiaga Uno lebih muda, namun KH Ma’ruf Amin jauh lebih visioner, program konkret, dan menjawab kebutuhan.

Hasto mengatakan bahwa Ma’ruf mencontohkan kematangan berpikir yang seharusnya dimiliki seorang pemimpin. Ia menyebut pengalaman Ma’ruf membedakannya dengan Sandiaga.

“Keseluruhan tampilan debat akhirnya membawa diferensiasi Kiai Ma’ruf sebagai sosok berpengalaman dan penuh dengan kebijaksanaan. Sebaliknya Sandi tampil dalam kemudaan secara fisik, namun gagal mengelaborasi visi misi,” ungkap Sekjen PDIP itu.

Hasto lantas mencontohkan sejumlah kejutan Ma’ruf saat debat. Dia mengatakan Ma’ruf mampu memberikan solusi konkret bagi persoalan di dunia pendidikan dan tenaga kerja.

“Pemahaman terhadap pentingnya peningkatan kualitas tenaga kerja yang dimulai dari pendidikan, pelatihan, kerjasama dan kolaborasi, dan juga pentingnya meluruskan pengiriman tenaga kerja ke luar negeri dengan paradigma baru untuk menarik kemaslahatan dan menolak kerusakan benar-benar menyentuh hati kara pekerja Indonesia baik di dalam maupun luar negeri,” ujar Hasto.

Selain itu, Ma’ruf juga menyinggung soal kebudayaan. Hasto menyinggung mengenai visi Ma’ruf yang menginginkan Indonesia punya gedung opera.