Connect with us

Nasional

Ratna Sarumpaet Tulis Buku di Balik Jeruji Besi, Segera Terbit

Published

on

Ratna Sarumpaet (detik.com)

Geosiar.com, Jakarta – Ratna Sarumpaet mengaku menjalani hari-harinya di tahanan Polda Metro Jaya dengan menulis buku. Ratna Sarumpaet mengatakan bahwa dirinya tengah menulis buku bertemakan bangsa Indonesia dan akan segera rampung.

“Iya gimana umur 70 tahun tidur di bawah, di lantai. Saya menulis buku… tentang bangsa ini, itu ditulis semenjak ditahan,” ungkap Ratna Sarumpaet kepada awak media usai mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (Jaksel), Jl Ampera Raya, Selasa (12/3/2019).

Ratna mengaku sehat selama berada dalam tahanan. Ia pun siap menjalani proses sidang lanjutan. Hari ini jaksa memberikan tanggapan atas nota keberatan (eksepsi) Ratna Sarumpaet..

Ratna Sarumpaet didakwa membuat keonaran dengan menyebarkan kabar hoax penganiayaan kepada masyarakat. Ratna disebut sengaja membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak yang diklaim akibat penganiayaan.

Padahal kenyataannya, kata jaksa, wajah bengkak dan lebam Ratna terjadi karena tindakan medis, yakni operasi plastik.

Cerita hoax penganiayaan, menurut jaksa, disebarkan Ratna Sarumpaet ke sejumlah orang lewat pesan WhatsApp. Jaksa juga menyebut Prabowo Subianto menggelar jumpa pers terkait kabar penganiayaan Ratna yang ternyata bohong belaka.

Ratna Sarumpaet dikenakan Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 28 UU No 19 Tahun 2016 tentang ITE.