Connect with us

Dunia

Pulang dari Amerika Latin, Juan Guaido Akan Dijatuhi Sanksi

Published

on

Juan Guaido, Pemimpin oposisi Venezuela

Geosiar.com, Venezuela –  Juan Guaido,  Pemimpin oposisi Venezuela berencana kembali ke negaranya setelah diam-diam berkunjung ke Kolombia dan juga beberapa negara Amerika Latin. Guaido telah melanggar sanksi yang dikeluarkan oleh pengadilan untuk tidak keluar dari Venezuela.

Guaido menyampaikan dirinya akan menghadapi resiko jika ditangkap dan dijebloskan ke penjara saat tiba di Venezuela setelah berkeliling negara-negara Amerika Latin untuk mendukung kampanyenya menjatuhkan pemerintahan Presiden Nicolas Maduro. Hasilnya, nara-negara Amerika Latin telah menyatakan dukungannya kepada Guaido. 

“Seandainya rezim ini berani, tentu, untuk menculik kami, maka hal itu akan menjadi kesalahan terakhir yang mereka lakukan,” ungkap Guaido lewat akun Twitternya.

Secara rahasia, Guaido meninggalkan Venezuela ke Kolombia dengan melanggar perintah Pengadilan Mahkamah untuk melakukan upaya koordinasi pengiriman bantuan kemanusiaan ke Venezuela pada 23 Februari lalu untuk mengatasi meluasnya kelangkaan pangan dan obat-obatan.

Tapi bantuan itu diblokade oleh pasukan tentara yang setia pada Maduro. Terjadi baku tembak di perbatasan Brasil akibat pasukan Maduro memblokade konvoi truk yang membawa bantuan pangan dari Kolombia dan Brasil. Sedikitnya 6 orang tewas.

Seperti diketahui, dari Kolombia, Guaido terbang ke negara-negara Amerika Latin yakni Argentina, Brasil, Ecuador, dan Paraguay untuk mendapatkan dukungan bagi pembentukan pemerintahan transisis Venezuela yang akan mempersiapkan pemilu yang bebas dan adil.