Connect with us

Sumut

BNN-Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu 30 Kg Malaysia-Medan

Published

on

BNN-Bea Cukai Medan Gagalkan Penyelundupan Sabu 30 Kg dari Malaysia

Geosiar.com, Jakarta – Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menangkap dua orang pria yang berusaha melakukan penyelundupan narkotika jenis sabu dari Malaysia ke Medan, Deli Serdang, Sumatera Utara. Dari hasil pemeriksaan BNN menyita barang bukti sabu seberat 30 kilogram.

“BNN berhasil mengungkap penyelundupan 30 kg sabu yang dikirim dari Malaysia melalui jalur laut,” ungkap Kepala BNN Komjen Heru Winarko di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (5/3/2019).

Heru mengatakan bahwa penyelundupan 30 kg sabu yang terjadi pada Kamis (28/2/2019) lalu itu terungkap atas kerja sama dengan tim Bea-Cukai Medan. Sabu tersebut diambil dari Pelabuhan Sekinchan dekat Port Klang, Malaysia, oleh seorang pria berinisial IIH (46) menggunakan kapal nelayan.

BNN beraksi menangkap ketika mobil tersebut berada di kawasan Jalan Raya Siantar, Lubuk Pakam, Deli Serdang. Dua orang yang diringkus adalah DI (36) dan SD (39). Dari tangan mereka, BNN mengamankan 3 kantong plastik berisi 30 kg sabu.

BNN langsung melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan dua orang lagi berinisial RP (37) dan AS (46). Selain narkotika, BNN menyita barang bukti lain, di antaranya 2 unit mobil, 11 unit telepon seluler, 1 buku tabungan, dan uang tunai Rp 6 juta.

DI dan SD dijerat Pasal 114 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) serta Pasal 112 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman maksimal hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.