Connect with us

Nasional

Poldasu Bersama Group TBH “Bijak Gunakan Medsos Dan Stop Sebarkan Berita Bohong”

Published

on

Kebersamaan wartawan grup TBH saat Coffee break bersama Kabid Humas Polda Sumut bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama di Caffee Pojok Menteng

Geosiar – Medan – Wartawan yang tergabung didalam Group Turn Back Hoax (TBH) melaksanakan Coffe Break dalam rangka menjalin kebersamaan antar sesama Jurnalis guna mengantisipasi berita Hoaks, acara digelar di Cafe Pojok Menteng Jl Menteng 2 No 285, Kecamatan Medan Denai, Jumat(1/3/2019).

Grup TBH juga membahas berbagai informasi berkembang di Sumut, Thema yang diusung dalam Deklarasi anti Hoaks menyongsong Pemilu 2019 adalah “Bijak Gunakan Media Sosial dan Stop sebarkan berita bohong.

Selain dihadiri berbagai insan Pers, juga turut dihadiri oleh pemerhati media, tokoh masyarakat dan tokoh agama, suasana tampak membaur dan saling berbagi pengalaman.

Tokoh Agama, Aidan Nazir Panggabean dalam sambutannya mengatakan bahwa Bangsa dan Negara ini sangat dikenal dengan Sopan santun, tapi hari ini sudah mulai terkikis akibat berkembangnya dengan pesat informasi yang belum tentu kebenarannya, untuk itu marilah menghindari berita hoaks.

Jurnalis pasti mampu meminimalisir berita berita hoaks, saya berharap marilah saling merekatkan diri antar sesama anak bansa, selamatkan bangsa dan negara ini dari berita hoaks, ujar Aidan Nazwir Panggabean.

Selanjutnya, Drs Awaludin Sibarani sebagai Tokoh masyarakat mengajak dan menyampaikan pesan untuk mengantipasi terjadinya berita miring atau hoaks demi menghindari perpecahan sesama anak bangsa.

Marilah menjaga rambu-rambu dan etika, jadilah Jurnalis yang mampu menyajikan berita yang positif dan membangun sebagai media pemersatu bangsa, ungkap Awaludin Sibarani.

Sementara penerangan masyarakat(Penmas) Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mewakili Kabid Humas Polda Sumatera Utara mengatakan Polri Promoter mampu cegah komplik sosial, Polda Sumut tidak pernah membatasi kewenangan jurnalistik untuk mencari berita karena humas sudah menerapkan kriteria informasi publik.

Kami berharap sinergitas antara Polri dengan wartawan tetap terjalin harmonis dan kita pertahankan,untuk itu marilah kita saling mendukung demi terlaksana situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pemilu 2019, ujar MP Nainggolan

Menurut MP Nainggolan menjelaskan kendala untuk menyampaikan informasi yang belum layak dikonsumsi publik karena masih tahap penyelidikan.

Ada beberapa informasi tahap lidik yang belum bisa disampaikan, maka berita yang bisa kami sampaikan adalah berita yang sudah tahap sidik untuk menghindari terjadinya pencemaran nama baik seseorang, maka untuk itu marilah kita tetap bersineri, ungkap MP Nainggolan.

Dalam acara ini turut dihadiri dewan pendiri ikatan Wartawan Online(IWO) yang sekaligus menjabat ketua dewan etik Roy Simamora, Kabid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan, Ketua Jurnalis Online Bersatu (JOB) Riadi, kabag Humas Polrestabes Medan Kompol Subroto, dan perwakilan masyarakat Roy Nainggolan.

Selanjutnya diakhir acara dilakukan sesi foto bersama dengan seluruh wartawan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat./Edy surbakty/TBH

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Jangan Menyerah Tak Lolos SNMPTN 2019? Masih Ada SBMPTN

Published

on

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) (Kompas.com)

Geosiar.com, Jakarta – Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi berpesan untuk peserta SNMPTN 2019 yang dinyatakan tak lulus kali ini agar tidak menyerah.

Ravik mengatakan, masih ada kesempatan untuk peserta yang tidak lulus untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) agar dapat diterima di PTN yang diinginkan.

“Masih mendapat kesempatan mendaftar UTBK Gelombang 1 dan 2,” ujar Ravik di Gedung D, Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).

Ravik menjelaskan, jadwal pendaftaran UTBK Gelombang I akan ditutup pada 24 Maret 2019 ini pukul 22.00 WIB. Sedangkan UTBK Gelombang II akan dibuka pada 25 Maret 2019 pukul 10.00 WIB dan ditutup pada 1 April 2019 pukul 22.00 WIB.

Untuk siswa pendaftar bidikmisi yang tidak lulus SNMPTN 2019, kata Ravik, tidak dikenakan biaya pendaftaran apabila ingin mengikuti UTBK.

Sebelumnya, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Meristekdikti) M Nasir mengumumkan sebanyak 92.331 dari 478.608 peserta SNMPTN 2019 dinyatakan lolos seleksi.

“Dari pendaftar 478.608 di 2019, sekarang kita lihat yang diterima 92.331 dan dengan persentase 19,29 persen. Dibandingkan 2018, jumlah yang diterima ada peningkatan,” tutup M Nasir di gedung D Kemenristek Dikti, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Continue Reading

Nasional

Intip Kriteria Ideal Calon Menteri di Kabinet Prabowo-Sandi

Published

on

Prabowo-Sandi di Acara Deklarasi Dukungan Aliansi Pengusaha Nasional

Geosiar.com, Jakarta – Berkesempatan untuk pidato di acara deklarasi dukungan Aliansi Pengusaha Nasional di Djakarta Theater Ballroom pada Kamis (21/3), Prabowo membocorkan kriteria ideal calon menteri yang akan bekerja di kabinetnya jika diberi amanah menduduki bangku kepresidenan.

Ketua Umum Partai Gerindra itu berjanji akan menyediakan tim kerja yang hebat dalam kabinet kerjanya guna memajukan Indonesia. Dalam pidatonya, tak lupa Ia juga memaparkan kriteria calon menteri yang akan dipilihnya mendatang.

“Kriterianya, yang pertama harus pintar tapi tidak hanya pintar, harus punya akhlak. Kedua itu, harus muda tapi tidak hanya muda, harus berpihak kepada bangsa sendiri,” ujarnya dalam acara tersebut.

Ia berkeinginan untuk merekrut putra-putri terbaik Indonesia karena dianggap lebih mampu memaksimalkan kinerja kabinet nantinya. Meskipun demikian, Ia tidak menutup kemungkinan bagi para senior yang masih mampu dalam menjalankan tugas untuk bergabung demi menyongsong Indonesia yang lebih maju.

Kemudian, Ia juga menghimbau agar tidak menyalahkan pemerintahan sebelumnya dan menyarankan untuk lebih fokus terhadap masa depan.

“Kita jangan menyalahkan siapa-siapa dan jangan melihat ke belakang. Kita tutup buku dan maju ke depan,” ungkapnya kemudian.

Memenuhi undangan tersebut, Prabowo ditemani Sandiaga Uno dalam menyampaikan pidatonya kepada seribu pengusaha Indonesia.(YRS)

Continue Reading

Ekonomi

Turun Rp 4.500, Harga Emas Antam Dibanderol Rp 663.000/gram

Published

on

Turun Rp 4.500, Harga Emas Antam Dibanderol Rp 663.000/gram

Geosiar.com, Jakarta – Nilai logam mulia atau emas batangan milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini turun, dijual dengan harga Rp 663.000/gram. Nilai ini turun Rp4.500 dibanding harga sebelumnya.

Hal tersebut didapat dari situs perdagangan Logam Mulia Antam pada Jumat (22/3/2019).

Sedangkan harga buyback atau pembelian kembali emas Antam hari ini ada di level Rp 591.000/gram. Harga buyback ini berarti, pabila Anda ingin menjual emas, maka Antam akan membelinya dengan harga tersebut.

Harga emas ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa jadi berbeda.

Nilai harga emas batangan tersebut sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9%. Jika ingin mendapatkan potongan pajak lebih rendah, yaitu sebesar 0,45% maka saat transaksi harus membawa NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Berikut ini rincian harga emas Antam hari ini:

Pecahan 1 gram Rp 663.000
Pecahan 5 gram Rp 3.135.500
Pecahan 10 gram Rp 6.205.000
Pecahan 25 gram Rp 15.405.000
Pecahan 50 gram Rp 30.375.000
Pecahan 100 gram Rp 61.400.000
Pecahan 250 gram Rp 153.250.000
Pecahan 500 gram Rp 306.300.000.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com