Connect with us

Nasional

Penjaringan Tenaga Konsultan KOTAKU di Sumut Dituding Curang

Published

on

Medan, Geosiar.com – Puluhan tenaga konsultan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Sumatera Utara (Sumut) mengaku kecewa terkait seleksi penjaringan (assessment) perpanjangan kontrak. Mereka menduga terjadi kecurangan seleksi penjaringan perekrutan konsultan sehingga hasil ujian tidak transparan.

“Kami minta supaya ada transparansi panitia seleksi terkait hasil ujian semua peserta. Sehingga peserta mengetahui dimana kekalahannya,” ujar Rudjan Daulay salah satu peserta ujian yang dinyatakan gugur kepada wartawan di Medan, Kamis (28/2/2019).

Dikatakan Ruzzan Daulay didampingi Salman Siregar, mereka telah mengikuti ujian seleksi perpanjangan kontrak yang dilakukan Konsultan Manajemen Pusat (KMP) melalui panitia Konsultan Manjemen Wilayah (KMW) Propinsi Sumut untuk menjalankan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Minggu, 17 Peb 2019 di Grand Antares Medan.

Namun pada hasil keputusan akhir kemarin, dari 258 peserta yang ikut ujian seleksi dinyatakan 192 lulus dan 66 gugur. Sedangkan, Ruzzan Daulay dan Salman Siregar termasuk peserta yang gugur. Kedua peserta itu merupakan konsultan yang sudah lebih 10 Tahun mengabdi di Medan sejak adanya Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP).

Pada hal kata Salman dan Ruzzan, materi yang diuji seperti masalah pendidikan, pengalaman kerja, online dan evaluasi kerja. Dari materi yang diuji, mereka merasa tidak ada kurang. Untuk itu lah, mereka menuntut adanya transparansi hasil ujian sesui ketentuan dimana perekrutan berdasarkan rangking.

“Kami menduga ada kecurangan panitia sehingga penentuan peserta yang lulus berdasarkan selera. Jadi yang kami tuntut supaya hasil seleksi ujian diumumkan secara terbuka. Jika hal itu tidak dilakukan transparan dan tidak ada tindaklanjut, maka kami akan menggugat ke PTUN (red, Pengadilan Tata Usaha Negara),” ujar Rudjan seraya mengaku siap untuk ditest kembali.

Secara tegas, Ruzzan dan Salman mengatakan, sebelum ada kejelasan terkait transparansi hasil ujian diminta supaya penandatangan kontrak ditunda dulu. Sehingga dugaan kecurangan manipulasi data dari konsultan manajemen wilayah team leader dapat terjawab.

Sebagaimana diketahui, Program Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah ada pertama kali sejak Tahun 2006 di Sumut yang dulunya P2KP dan berubah nama Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPMP). Dan sejak 2016 menjadi program Kotaku. Namun program tersebut tetap membidangi Tridaya yakni sosial ekonomi, lingkungan dan infrastruktur. (lamru).

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Jangan Menyerah Tak Lolos SNMPTN 2019? Masih Ada SBMPTN

Published

on

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) (Kompas.com)

Geosiar.com, Jakarta – Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi berpesan untuk peserta SNMPTN 2019 yang dinyatakan tak lulus kali ini agar tidak menyerah.

Ravik mengatakan, masih ada kesempatan untuk peserta yang tidak lulus untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) agar dapat diterima di PTN yang diinginkan.

“Masih mendapat kesempatan mendaftar UTBK Gelombang 1 dan 2,” ujar Ravik di Gedung D, Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).

Ravik menjelaskan, jadwal pendaftaran UTBK Gelombang I akan ditutup pada 24 Maret 2019 ini pukul 22.00 WIB. Sedangkan UTBK Gelombang II akan dibuka pada 25 Maret 2019 pukul 10.00 WIB dan ditutup pada 1 April 2019 pukul 22.00 WIB.

Untuk siswa pendaftar bidikmisi yang tidak lulus SNMPTN 2019, kata Ravik, tidak dikenakan biaya pendaftaran apabila ingin mengikuti UTBK.

Sebelumnya, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Meristekdikti) M Nasir mengumumkan sebanyak 92.331 dari 478.608 peserta SNMPTN 2019 dinyatakan lolos seleksi.

“Dari pendaftar 478.608 di 2019, sekarang kita lihat yang diterima 92.331 dan dengan persentase 19,29 persen. Dibandingkan 2018, jumlah yang diterima ada peningkatan,” tutup M Nasir di gedung D Kemenristek Dikti, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Continue Reading

Nasional

Intip Kriteria Ideal Calon Menteri di Kabinet Prabowo-Sandi

Published

on

Prabowo-Sandi di Acara Deklarasi Dukungan Aliansi Pengusaha Nasional

Geosiar.com, Jakarta – Berkesempatan untuk pidato di acara deklarasi dukungan Aliansi Pengusaha Nasional di Djakarta Theater Ballroom pada Kamis (21/3), Prabowo membocorkan kriteria ideal calon menteri yang akan bekerja di kabinetnya jika diberi amanah menduduki bangku kepresidenan.

Ketua Umum Partai Gerindra itu berjanji akan menyediakan tim kerja yang hebat dalam kabinet kerjanya guna memajukan Indonesia. Dalam pidatonya, tak lupa Ia juga memaparkan kriteria calon menteri yang akan dipilihnya mendatang.

“Kriterianya, yang pertama harus pintar tapi tidak hanya pintar, harus punya akhlak. Kedua itu, harus muda tapi tidak hanya muda, harus berpihak kepada bangsa sendiri,” ujarnya dalam acara tersebut.

Ia berkeinginan untuk merekrut putra-putri terbaik Indonesia karena dianggap lebih mampu memaksimalkan kinerja kabinet nantinya. Meskipun demikian, Ia tidak menutup kemungkinan bagi para senior yang masih mampu dalam menjalankan tugas untuk bergabung demi menyongsong Indonesia yang lebih maju.

Kemudian, Ia juga menghimbau agar tidak menyalahkan pemerintahan sebelumnya dan menyarankan untuk lebih fokus terhadap masa depan.

“Kita jangan menyalahkan siapa-siapa dan jangan melihat ke belakang. Kita tutup buku dan maju ke depan,” ungkapnya kemudian.

Memenuhi undangan tersebut, Prabowo ditemani Sandiaga Uno dalam menyampaikan pidatonya kepada seribu pengusaha Indonesia.(YRS)

Continue Reading

Ekonomi

Turun Rp 4.500, Harga Emas Antam Dibanderol Rp 663.000/gram

Published

on

Turun Rp 4.500, Harga Emas Antam Dibanderol Rp 663.000/gram

Geosiar.com, Jakarta – Nilai logam mulia atau emas batangan milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini turun, dijual dengan harga Rp 663.000/gram. Nilai ini turun Rp4.500 dibanding harga sebelumnya.

Hal tersebut didapat dari situs perdagangan Logam Mulia Antam pada Jumat (22/3/2019).

Sedangkan harga buyback atau pembelian kembali emas Antam hari ini ada di level Rp 591.000/gram. Harga buyback ini berarti, pabila Anda ingin menjual emas, maka Antam akan membelinya dengan harga tersebut.

Harga emas ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa jadi berbeda.

Nilai harga emas batangan tersebut sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9%. Jika ingin mendapatkan potongan pajak lebih rendah, yaitu sebesar 0,45% maka saat transaksi harus membawa NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Berikut ini rincian harga emas Antam hari ini:

Pecahan 1 gram Rp 663.000
Pecahan 5 gram Rp 3.135.500
Pecahan 10 gram Rp 6.205.000
Pecahan 25 gram Rp 15.405.000
Pecahan 50 gram Rp 30.375.000
Pecahan 100 gram Rp 61.400.000
Pecahan 250 gram Rp 153.250.000
Pecahan 500 gram Rp 306.300.000.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com