Connect with us

Nasional

Masuki Ruang Sidang, Ratna Sarumpaet Acungkan Kode Dua Jari Simbol Dukung Prabowo

Published

on

Ratna Sarumpaet mengacungkan 2 Jari di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (Kumparan.com)

Geosiar.com, Jakarta – Jelang sidang perdana, tersangka kasus dugaan penyebaran hoaks (berita palsu), Ratna Sarumpaet (69), mengacungkan kode dua jari. Gestur yang ditunjukkannya sama persis dengan yang digunakan pasangan calon presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandi saat berkampanye.

Tidak ada pernyataan yang dilontarkan Ratna jelang sidang yang beragendakan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Kamis (28/2/2019) itu. Dia cuma menunjukkan pose kode dua jari (telunjuk dan jempol) saat awak media ingin mengabadikan fotonya.

Tampak hadir yang mendampingi Ratna Sarumpaet di ruang persidangan, Atiqah Hasiholan yang memberi support dalam sidang perdana ini.

Ratna Sarumpaet diduga menyebarkan hoaks setelah mengaku kepada sejawat politiknya bahwa dirinya dipukul sekelompok orang di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat pada waktu yang lalu.

Sontak pengakuannya memicu keriuhan di media sosial. Belakangan wajah Ratna bengkak di bagian mata dan pelipis ini karena sebelumnya menjalan operasi plastik untuk kecantikan.

Namun akhirnya Kebohongan itu diakui Ratna. Dia pun juga sudah meminta maaf atas kebohongan yang dibuatnya. Bahkan dirinya menyebut dirinya,”Pembuat hoaks terbaik.”

Hingga kini polisi masih tetap mendalami kasus Ratna. Sejumlah politikus dan anggota tim pemenangan Prabowo-Sandi juga diperiksa polisi selama pengusutan kasus ini.

Ratna ditetapkan sebagai tersangka pada 5 Oktober 2018 lalu. Ratna dijerat Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 46 tentang Peraturan Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dnegan hukuman 10 tahun penjara.