Connect with us

Daerah

Balai Besar Karantina Pertanian Belawan Ekspor Kubis ke Malaysia, Gubsu: Terima Kasih Eksportir

Published

on

Pelepasan ekspor sayuran kubis di PT. Juma Berlian Exim (Geosiar.com)

Geosiar.com, Medan – Kementerian Pertanian (Kementan) bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) serta Pemerintah Kabupaten Karo menggelar acara pelepasan ekspor sayuran kubis (brassica sp) di PT. Juma Berlian Exim, Gudang Karona, Desa Lambar, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Kamis (28/2/2019).

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi dalam sambutannya pada kegiatan ekspor sayuran kubis ke Malaysia ini mengatakan di Sumatera Utara sangat banyak professor yang perlu dilibatkan untuk meningkatkan usaha pertanian.

Gubsu mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ekspor perdana ini. Ia mengaku hal tersebut tanpa campur tangan dari pemerintahan.

“Saya mengapresiasi kegiatan ekspor  perdana ini, dengan kerja keras bapak dan ibu sekalian, tanpa campur tangan pemerintah bisa melakukan ekspor. Terima kasih para eksportir,” ungkap Gubsu.

Gubsu berjanji  akan maksimalkan  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Sumatera Utara untuk pembangunan infrastruktur dan pendukung ekspor lainnya.

Kepala Badan Karantina Pertanian Sumatera Utara, Ir. Ali Jamil MP, PhD berharap agar kedepannya di tahun berikutnya komoditi ekspor harus terus ditingkatkan. Seperti di Karo, menurutnya banyak komoditi yang layak di ekspor.

Hal tersebut bertujuan untuk mengimbangi neraca perdagangan ekspor-impor yang kondisinya masih minus.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua GPEI Sumut Hendrik Halomoan Sitompul, Drs, MM. Anggota DPRD Medan fraksi Partai Demokrat yang juga caleg DPR RI nomor urut 8 Daerah Pilih (Dapil) Sumut I ini tampak berfoto bersama dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dengan mengenakan kemeja putih.