Connect with us

Selebritis

Bruno Mars Kaget Lagunya Dibatasi KPID Jabar

Published

on

Bruno Mars

Geosiar.com, Selebritis – Penyanyi Bruno Mars terkejut salah satu karyanya masuk ke dalam daftar lagu yang dibatasi penyiarannya karena dianggap berkonten dewasa oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat.

Ekspresi Bruno Mars tersebut disampaikan pelantun Versace on the Floor itu lewat serangkaian unggahan bernada nyinyir di Twitter. Mars sendiri mengetahui kabar tersebut dari berita majalah Time.

“Apa-apan ini! Saya disorot di Indonesia! Ada juga Ed Sheeran dengan lirik yang ‘sakit’ dan mesum, membuat kita semua terjepit! Terima kasih Ed, terima kasih banyak,” kata Mars menyindir keputusan KPID.

“Indonesia, saya memberikan kalian banyak hit, Nothin On You, Just The Way You Are, dan Treasue. Jangan samakan saya dengan yang cabul-cabul,” kata Mars.

Sebelumnya Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat telah menetapkan aturan pembatasan siaran untuk 17 lagu berbahasa Inggris yang dinilai bermuatan konten dewasa.

Dalam 17 lagu tersebut, di antaranya Versace On The Floor dan That’s What I Like milik Bruno Mars, Overdose milik Chris Brown dan Agnez Mo, Dusk Till Dawn milik Zayn Malik hingga Shape of You milik Ed Sheeran.

Beberapa lagu itu hanya diperbolehkan diputar atau ditayangkan video musiknya mulai pukul 22.00 hingga 03.00 WIB.

Menurut Ketua KPID Jabar Dedeh Fardiah, aturan yang diberlakukan per 18 Februari lalu itu berdasarkan hasil telaah mereka dan juga aduan masyarakat.

“Surat edaran ini berdasarkan hasil pleno KPID Jawa Barat yang memutuskan bahwa 17 lagu yang terlampir dinilai tidak sesuai dengan UU Penyiaran No.32 Tahun 2002 dan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). 17 lagu ini dalam bentuk video musik atau sejenisnya hanya dapat disiarkan dalam klasifikasi waktu dewasa [pukul 22.00 – 03.00],” katanya saat dihubungi, Selasa (26/2/2019).

Dia menambahkan, “Pembatasan ini berdasarkan aduan dari masyarakat dan pantauan KPID Jabar. Ada 52 judul lagu aduan dari masyarakat dan 34 judul lagu hasil temuan 34 lagu. Jadi total ada 86 lagu yang teridentifikasi.”

Dedeh mengatakan bahwa setelah ditelaah terdapat 17 judul lagu yang tidak sesuai dengan pembinaan karakter bangsa.

Penetapan aturan itu pun disebutnya mengacu pada pasal 20 ayat 1 dan 2 Peraturan KPI No.02/P/KPI/03/2012 tentang Standar Program Siaran bahwa “program siaran dilarang berisi lagu dan atau video klip yang menampilkan judul dan/atau lirik bermuatan seks, cabul dan/atau mengesankan aktivitas seks.”

Sedangkan pada ayat 2, “program siaran yang menampilkan musik dilarang bermuatan adegan dan/atau lirik yang dapat dipandang menjadikan perempuan sebagai objek seks.”

Keputusan KPID ini pun mendapatkan sorotan sejumlah media asing. Kantor berita Reuters menjuduli beritanya, ‘Jawa Barat Membatasi Lagu Pop Asing ‘Dewasa’.’

Media lain seperti The Straits Times asal Singapura dan South China Morning Post juga kurang lebih memberitakan hal yang sama. South China Morning Post bahkan memberi judul beritanya, ’85 Lagu Berbahasa Inggris ‘Vulgar’ Dilarang Siar pada Siang Hari.’

Di Indonesia sendiri, keputusan itu menuai kontroversi dalam beberapa hari terakhir, meski sebenarnya aturan itu sudah ditandatangani sejak 18 Februari 2018, sesuai dokumen.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selebritis

PSY akan Rilis Album Baru Juli Mendatang

Published

on

PSY akan Rilis Album Baru Juli Mendatang

Geosiar.com, Korea – Penyanyi asal Korea Selatan, Park Jae-sang atau lebih dikenal dengan nama PSY akan segera kembali di jagat hiburan.

Raja K-Pop yang sempat ‘menginvasi’ dunia melalui Gangnam Style itu akan memiliki album baru. Agensi manajemen P Nation mengabarkan pada Selasa (21/5/2019), album itu akan segera dirilis Juli mendatang.

“Psy akan kembali dengan album kesembilannya pada awal Juli dan merilis perdana album itu pada Swag Show 2019,” demikian pengumuman dari agensi manajemennya.

Swag Show merupakan konser musim panas yang digelar Psy rutin disetiap tahunnya.

Untuk tahun 2019, Konser itu akan diawali di Suwon, Seoul pada 13 Juli 2019 mendatang. Selanjutnya berpindah ke Busan, Daegu, Gwangju, Seoul, dan Incheon. Terakhir, Psy akan menggebrak panggung Swag Show di Daejeon pada 24 Agustus mendatang.

Sementara mengenai tiket baru akan dijual mulai 11 Juni mendatang.

Album yang belum diberi tahu judulnya itu merupakan rilisan pertama setelah absen selama. Album kedelapannya yang berjudul 4×2=8 dirilis Mei 2017.

Dilansir Yonhap, album tersebut juga akan menjadi yang pertama yang dirilis Psy di bawah naungan labelnya sendiri. Psy meninggalkan label besar YG Entertainment yang sebelumnya mengorbitkannya. Setelah itu, Psy mendirikan P Nation.

Untuk albumnya kali ini, PSY meminta penggemarnya untuk ikut menyumbang judul. Namun belum diketahui apa judul yang akan dipilih Psy.

Continue Reading

Selebritis

Mulan Jameela Unggah Lagu Ratu, Apakah Kangen Maia?

Published

on

Mulan Jameela

Geosiar.com, Seleb – Postingan Instastory Mulan Jameela pada Ahad, 19 Mei 2019 cukup menarik perhatian netizen. Dirinya tiba-tiba membagikan lagu duetnya bersama Maia Estianty saat dulu tergabung dalam grup Ratu. Lagu yang diunggah istri dari Ahmad Dhani itu berjudul Dear Diary.

Seperti diketahui, hubungan antara Mulan Jameela dan Maia Estianty selama beberapa tahun belakangan memang tidak akur sebab pembubaran grup mereka. Wanita berusia 39 tahun itu disebut merebut suami Maia, yakni Ahmad Dhani.

Pasalnya setelah resmi bercerai dari Maia Estianty, terungkap jika Ahmad Dhani telah resmi menikah dengan Mulan Jameela. Unggahan Mulan ini pun langsung menjadi perbincangan netizen setelah diunggah kembali sejumlah akun gosip, salah satunya @makrumpita.

Postingan Mulan Jameela tersebut menimbulkan berbagai tanggapan. Banyak dari mereka yang menyebut jika Mulan tengah merindukan dan berusaha mencari perhatian Maia Estianty untuk kembali menjalin pertemanan. Ada pula netizen yang menduga jika Mulan Jameela tengah merindukan masa kejayaannya saat menjadi personel Ratu.

“Mungkin Mulan kangen masa kejayaan dulu, dikenal baik, banyak uang, nyanyi sana sini, ga pusing sama masalah, hidup nya hepi, la skrg kebalikan nya. Susah banyak masalah, hujatan. Smg diberi kemudahan,” kata salah satu netizen.

Akan tetapi postingan Dear Diary itu tak bertahan lama. Mulan langsung menghapusnya setelah viral dan ramai diperbincangkan. Tak diketahui pula, alasan sebenarnya Mulan Jameela membagikan lagu itu.

Continue Reading

Selebritis

Kim Go Eun Resmi Jadi Lawan Main Lee Min Ho di ‘The King: Forever the Monarch’

Published

on

Kim Go Eun Dikabarkan Jadi Kandidat Kuat Temani Lee Min Ho di Drama Baru (WowKeren.com)

Geosiar.com, Selebritis – Aktris Kim Go Eun sudah dikonfirmasi menjadi pemeran wanita dalam karya terbaru Kim Eun Sook (penulis The Heirs), The King: Forever the Monarch. Aktris yang dikenal lewat drama Goblin itu akan beradu akting dengan Lee Min Ho.

“The King: Forever the Monarch merupakan drama roman fantasi yang melintasi dunia paralel Korea Selatan dan Kekaisaran Korea,” jelas pihak Studio Dragon Corporation.

“Kim Go Eun akan menantang dirinya untuk peran ganda sebagai seorang detektif Jeong Tae Eul dan karakter bernama Luna, yang hidup sebagai penjahat Kekaisaran Korea,” imbuhnya.

Studio Dragon Corporation menyatakan mengaku bahwa akting Kim Go Eun yang luar biasa dalam seri televisi Goblin menjadi alasan mereka memilihnya untuk peran baru ini.

“Memerankan karakter ekstrem seperti detektif dan kriminal bukanlah tugas yang mudah. Melihat cara dia menafsirkan karakter dalam berbagai film dan akting alami yang dia tunjukkan dalam pertumbuhan seorang gadis menjadi seorang wanita di Goblin, kami menilai bahwa Kim Go Eun akan sukses mengambil peran ganda Jeong Tae Eul dan Luna,” tambah pihak studio.

The King: Forever the Monarch menceritakan kisah seorang dewa membebaskan iblis di dunia manusia, yang membuka pintu ke dunia paralel.

Drama ini diharapkan akan mulai shooting pada paruh kedua tahun ini dan mulai ditayangkan pada paruh pertama 2020 mendatang.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com