Connect with us

Kesehatan

Suka Ngemil dengan Tambahan Matcha? Awas, Anda Bisa Alami Sulit Tidur

Published

on

Matcha

Geosiar.com, Kesehatan – Tahukah Anda, makanan pedas dan berminyak dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari. Selain membuat kerongkongan terasa tidak nyaman, makanan jenis ini juga dapat membuat perut Anda bergejolak. Namun, bagaimana dengan makanan yang sekarang sedang tren, seperti makanan dengan tambahan bubuk matcha? Konon makanan jenis ini juga bisa membuat Anda sulit tidur.

Umumnya matcha berbentuk bubuk teh hijau yang seringkali ditambahkan di atas kue, pisang nugget, donat, cake, hingga minuman. Matcha memang sangat populer akhir-akhir ini, sehingga apapun makanan yang ditambahkan matcha menjadi favorit banyak orang. Banyak alasan yang membuat makanan dengan tambahan matcha digemari banyak orang, selain warnanya yang cantik, rasa yang dihasilkan pun lebih lezat. Bahkan dari segi gizi, matcha dipercaya mengandung banyak antioksidan yang diperlukan tubuh.

Sayangnya, makanan ringan dengan matcha umumnya memiliki tambahan gula hingga 30 gram persajiannya. Sedangkan, gula tambahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah tak lebih dari 25 gram per hari. Asupan gula yang berlebihan dari waktu ke waktu dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang kemudian menghasikan penurunan tajam dan biasanya menyebabkan rasa lapar yang ekstrem.

Inilah alasan mengapa mengonsumsi makanan dengan matcha di malam hari bisa mengakibatkan waktu tidur Anda terganggu. Anda sangat mungkin terbangun di tengah malam hanya karena lapar dan kembali mencari makanan ‘pengganjal’ lain yang berisi tinggi gula. Ditambah lagi, teh hijau juga mengandung kafein dengan jumlah yang sama dalam secangkir kopi.

Di samping matcha, terdapat beberapa jenis makanan lain yang juga berisiko mengganggu waktu tidur Anda, yaitu dark chocolate, hamburger, dan daging olahan. Untuk menghindari gangguan tidur sebaiknya Anda mengonsumsi makanan sehat dan akhiri makan malam Anda maksimal dua jam sebelum tidur agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan yang dikonsumsi.