Connect with us

Politik

Polisi Tetapkan 3 Emak yang Diduga Fitnah Jokowi Sebagai Tersangka

Published

on

Tiga ibu yang melakukan kampanye hitam ke Calon Presiden nomor urut 01, Jokowi, di Karawang (kumparan.com)

Geosiar.com, Jakarta – Tiga emak-emak terduga melakukan kampanye hitam terhadap pasangan calon (paslon) 01 Jokowi di Karawang kini tengah ditahan di Polres Karawang. Penahanan dilakukan usai ketiganya ditetapkan menjadi tersangka.

“Sudah ditahan di Polres Karawang,” ujar Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwansyah, Selasa (26/2/2019).

Nuredy mengatakan ketiganya, antara lain Engqay (49), Ika (44), dan Citra (37), sudah berada di rutan Polres Karawang. Polisi kini tengah mendalami tersangka dan pemenuhan barang bukti.

Anggota Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi, Karawang Nace Permana mengatakan bahwa keluarga dari ketiga tersangka meminta penangguhan penahanan ke kepolisian.

Sebelumnya Polda Jawa Barat mengamankan Ika, Engqay, dan Citra usai videonya yang diduga merupakan kampanye hitam itu viral di media sosial.

Video tersebut berisi para tersangka mengatakan jika Jokowi terpilih, azan di masjid akan dilarang, pemakaian hijab dilarang, dan pernikahan sesama jenis akan disahkan.

Dari tangan tersangka, polisi menyita ponsel ketiganya. Berdasarkan pemeriksaan, ketiga emak-emak itu sudah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka terancam jeratan Pasal 28 ayat 2 UU ITE dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan Pasal 14 ayat 2 UU No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan hukuman penjara maksimal 3 tahun.