Connect with us

Lifestyle

Kominfo Sebut 9,6 Juta UMKM Sudah Jualan Online

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyampaikan saat ini sudah ada 9,6 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mulai beralih berjualan online (daring). Jumlah ini terus meningkat dari target awal sebanyak 8 juta UMKM.

“Target pemerintah untuk UMKM digital di 2019 sekitar 8 juta masuk marketplace atau bisa memasarkan lewat online, tetapi ternyata sekarang udah 9,61 juta melebihi target yang ditetapkan,” ujar Sekjen Kominfo Rosarita Niken Widiastuti di kantor Kominfo, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Septriana Pangkary mengatakan ada satu juta petani dan nelayan yang juga mengadopsi platform penjualan online.

Septiana mengatakan salah satu perusahaan rintisan yang mengadopsi teknologi tersebut yakni TaniHub dengan memanfaatkan aplikasi yang telah disediakan pemerintah.

“Bagi petani dan nelayan, Kominfo menargetkan 1 juta petani dan nelayan untuk Go Online. Jadi, kita bersinergi dengan pemerintah daerah dan para marketplace untuk menggerakkan petani dan nelayan online, misal ada aplikasi Eragano dan TaniHub,” kata Septriana di kesempatan yang sama.

Di samping itu, menurutnya Kominfo bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan juga telah membuat aplikasi khusus nelayan yang dinamakan Nelayan Pintar.

Aplikasi Nelayan Pintar menurut Septriana membantu nelayan untuk mengetahui ketinggian ombak sebelum pergi melaut. Ia mengklaim ada lebih dari 1000 petani dan nelayan yang telah menggunakan aplikasi buatan pemerintah.

Untuk mensosialisasikan aplikasi tersebut, Septriana mengatakan pihaknya mendatangi 45 provinsi dan kabupaten di sejumlah daerah seperti salah sautnya Laboan Bajo.