Connect with us

Nasional

Jokowi Puji Kinerja Korpri Urus Sertifikat Tanah

Published

on

Joko Widodo

Geosiar.com, Jakarta – Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) diapresiasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena telah bekerja maksimal dalam melayani masyarakat, seperti dalam hal pengurusan sertifikat tanah.

“Empat tahun ini, kualitas pelayanan pada masyarakat semakin baik. Misalnya urusan sertifikat yang dulunya setahun mengeluarkan 500 ribu sertifikat di seluruh Indonesia, di 2017 melompat jadi 5 juta, 2018 melompat lagi jadi 7 juta, tahun ini insyaallah lebih dari 9 juta. Para PNS (pegawai negeri sipil) kita seluruh anggota Korpri yang ada ini para intelektual,” kata Jokowi dalam Pembukaan rapat kerja nasional (Rakernas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Jokowi juga mengingatkan bahwa perubahan dunia yang begitu cepat sepatutnya direspons. Indonesia harus mampu berlari cepat mengikuti perkembangan zaman. Indonesia pelru mempunyai sistem aplikasi.

“Kalau kita tidak berubah ya ditinggal. Kalau tidak merespons, negara akan ditinggal. Saya mengajak orientasi kita harus berubah. Bukan orientasi prosedur, tetapi hasil yang bisa dimanfaatkan bagi rakyat, masyarakat, negara,” ungkap Jokowi.

Jokowi pada kesempatan itu mengajak seluruh anggota Korpri senantiasa meningkatkan sisi pelayanan masyarakat. “Semua PNS harus dekat pada masyarakat. Sering ke lapangan agar masalah-masalah betul-betul bisa dikuasasi. Bukan terjebak hal-hal administratif,” tegas Jokowi.

Sedangkan Ketua Umum Korpri Zudan Arif Fakrulloh menyatakan, Rakernas Korpri 2019 dilaksanakan untuk menyamakan gerak langkah. “Konsolidasi seluruh pengurus Korpri agar seluruh irama kerja Korpri bisa dikerjakan terarah,” kata Zudan.

Zudan yang juga Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menambahkan, Rakernas akan dijadikan momentum meneguhkan kembali semangat Korpri bersatu, solid, dan utuh tegak lurus.

Zudan mengatakan didirikan untuk menjadi kohesi sosial, perekat NKRI, dan motor pemersatu bangsa. “Dalam rangka menjaga kohesi sosial, kami Korpri, ASN pusat dan daerah ingin terus Korpri tegak lurus dengan negara, tetap berada di organisasi kedinasan,” ungkap Zudan.