Connect with us

Sumut

Misa Perdana dan Ramah Tamah Berjalan Khusyuk, Uskup Agung Medan: Kasihilah Musuhmu

Published

on

Uskup Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung OFM.Cap

Geosiar.com, Medan – Ibadah Misa dalam rangka perayaan Misa Perdana dan Ramah Tamah bersama Uskup Agung Medan MGR Kornelius Sipayung, OFM.Cap berjalan dengan khusyuk dan khidmat.

Ibadah Misa yang diadakan di Gereja Katolik Paroki Santo Paulus Pasar Merah Medan, pada Minggu (24/2/2019) ini dipimpin oleh Uskup Agung Medan yang baru, Mgr Kornelius Sipayung.

Uskup Sipayung dalam khotbahnya mengajak umat, khususnya kepada ribuan umat yang hadir pada misa ini untuk saling mengasihi. Dua kata yang diluaskan oleh uskup yakni Kasihilah Musuhmu.

Uskup mengungkapkan, mengasihi musuh itu bersifat autentik atau murni jika dilakukan dengan memberi kasih tanpa mengharapkan balasan atay imbalan.

“Kasihilah musuh-musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka, pinjamlah sesuatu kepada mereka tanpa mengharapkan sesuatu,” jelas Uskup.

Uskup mengingatkan umat untuk tidak menghakimi sesama supaya tidak dihakimi kembali. Jangan pula menyalahkan agar tidak disalahkan.

Lanjut Uskup, mengasihi musuh juga dapat menyembuhkan diri sendiri dan sumber kesehatan. Karena orang yang sakit pada dasarnya terjadi karena kesalahan diri sendiri. Seperti berawal dari dendam yang tersembunyi dan sakit hati yang dipendam tanpa mau mengampuni.

Ribuan umat yang hadir pada ibadah Misa ini mengikuti Komuni yang artinya menyambut Kristus dalam rupa roti dan anggur atau menerima hosti yang sudah dikonsekrasikan dan diimani sebagai Tubuh Kristus.

Umat terima hosti

Dalam kegiatan ini, akan hadir Kapolda Sumatera Utara, Bapak Irjen Pol. Drs. Agus Andrianto, SH.,MH untuk memeriahkan acara ramah tamah ini. (tees)