Connect with us

Daerah

Kasus Dugaan Korupsi Tugu Mejuah Juah, Kejaksaan Negeri Karo Kalah Di Praperadilan

Published

on

Ket Foto : Ketua Majelis hakim, Dr.Dahlan,S.H,M.H .

Geosiar – Kabanjahe – Kejaksaan Negeri Kabupaten Karo alami kekalahan untuk yang kedua kalinya kalah didalam proses Praperadilan terkait kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi didalam pembangunan Tugu Mejuah-juah Berastagi melawan Candra Tarigan dan Radius Tarigan yang dinilai bahwa pihak Kejaksaan terlalu cepat menetapkan keduanya menjadi Tersangka (Tsk).

Sidang dengan agenda pembacaan Putusan Perkara Praperadilan nomor: 3/Pid.Pra/2019/PN.KBj berlasung diruang sidang Cakra dan dipimpin oleh hakim tunggal, Dr.Dahlan,S.H,M.H, yang mana juga menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negri (PN) Kabanjahe, Rabu (20/02/2019).

Dalam Persidangan yang mengagendakan pembacaan Putusan Prapradilan tersebut dihadiri oleh para Pemohon beserta kuasa hukumnya dari kantor hukum “Handoko Liberti” Liberti Sinaga, SH. dan dari pihak termohon dihadiri oleh Jaksa Mara Sakti,S.H.

Pengadilan Negeri Kabanjahe yang mengadili perkara praperadilan ini mengabulkan permohonan yang diajukan Candra Tarigan dan Radius Tarigan melawan Kejaksaan Negeri Karo terkait penetapan keduanya sebagai tersangka dalam kasus Tugu Mejuah-juah Berastagi.

Kasus dugaan korupsi Tugu Mejuah-juah telah berakhir dan dimenangkan oleh para pemohon, dan dengan dikabulkannya permohonan praperadilan tersebut, maka dengan sendirinya Surat Penetapan tersangka Kepala Kejaksaan Negeri Karo No: Prin-03/N.2.17/Fd.1/07/2018 tanggal 31 Juli 2018 berkut Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Karo No : Print-05/N/Fd.1/07/2018 tanggal 31 Juli 2018 adalah tidak sah dan tidak lagi berkekuatan Hukum.

Begitu juga dengan proses penyidikan terhadap Pekerjaan Pembuatan Bangunan Tugu /Tanda Batas Pembuatan Tugu Mejuah-juah Berastagi harus segera diterbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP-3).

Putusan praperadilan pada intinya menyatakan menolak seluruh eksepsi dari termohon dalam hal Kejaksaan Negeri Karo. Mengbulkan permohonan pemohon pra peradilan ntuk seluruhnya .

Kekalahan Kejaksaan Negeri Karo,untuk kedua kalinya dalam kasus Tugu Mejuah-juah Berastagi menunjukkan sangat dipaksakannya penyelidikan dan penyidikan penanganan kasus dugaan korupsi pada proyek dimaksud.

Sekedar mengingatkan bahwa sebelumnya juga, Edi Perin Sebayang selaku rekanan dalam Proyek Pembangunan Tugu Mejuah-juah Berastagi mengajukan permohonan praperadilan atas penetapan dirinya sebagai tersangka. Dalam kasus ini juga Hakim yang menyidangkan perkaranya mengabulkan gugatan praperadilan pemohon. Dengan kata lain penetapan rekanan segai tersangka tidak sah dan tidak berkekuatan hukum./.Mawar