Connect with us

Nasional

Jumatan di Masjid Kauman Semarang, Tidak Ada Persiapan Khusus Sambut Prabowo

Published

on

Suasana di depan Masjid Kauman Semarang jelang kedatangan Prabowo Subianto (kumparan.com)

Geosiar.com, Jakarta – Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto dijadwalkan akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Semarang yang dikenal dengan sebutan Masjid Kauman, pada hari ini, Jumat (15/2/2019).

Saat ini puluhan kader Gerindra sudah berada di lokasi ibadah. Mereka tampak mengenakan pakaian serba putih tanpa adanya seragam atau atribut pengenal partai.

Juru bicara BPN Jateng Prabowo-Sandi, Sriyanto Saputro membenarkan bahwa Prabowo dipastikan hadir walaupun semalam masih berada di Singapura menjenguk Ani Yudhoyono yang sedang sakit. Saat ini, Prabowo berada di Gumaya Hotel untuk transit.

“Mendarat dari Singapura pukul 09.30 WIB. Saat ini ini tidak ada perubahan, tetap di Kauman,” kata Sriyanto, Jumat (15/2/2019).

Menurut staf administrasi Sekretariat Pengelola Masjid Agung Kauman Semarang, Yulmiwati, tak ada persiapan khusus dalam menyambut Prabowo. Yulmiwati mengatakan, pelaksanaan salat Jumat dipersiapkan seperti biasanya.

“Enggak ada persiapan, parkir buat dia juga campur dengan yang lainnya, pengamanan dari kami sekuriti biasa, jumlahnya 4 karena memang setiap Jumat begitu. Saf khusus juga tidak, biasanya pejabat akan ada di saf dua atau tiga,” ujarnya.

Sebelumnya, rencana salat Jumat Prabowo di Masjid Kauman menjadi polemik. Pihak takmir masjid keberatan dengan adanya pamflet pengumuman acara salat bareng Prabowo di media sosial serta sejumlah baliho yang terpampang di sekitar masjid.

Poster maupun spanduk yang sebelumnya terpasang di depan masjid pun sudah dilepas sejak siang kemarin. Pamflet yang telah diposting di Instagram oleh Milenial Terdepan Prabowo Sandi (Mantaps) Jateng juga telah dihapus.

Soal kehadiran kader Gerindra ke Masjid Kauman tanpa atribut partai, internal DPC Partai Gerindra Kota Semarang mengeluarkan surat instruksi dengan nomor JT-01/02-005/A/DPC-Gerindra/2019 untuk internal kader untuk menghadiri salat Jumat berjemaah bersama Prabowo. Dalam instruksi tersebut dikatakan kader datang dengan mengenakan busana muslim putih, tanpa atribut partai.