Connect with us

pemilu 2019

Kekurangan Kotak dan Bilik Suara, KIP Banda Aceh Minta Tambahan

Published

on

Ilustrasi Kotak Suara

Geosiar.com, Aceh – Jelang pemilihan umum (pemilu) pada tanggal 17 April, beberapa persiapan telah dilakukan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh. Salah satunya ialah pengecekkan banyaknya kotak suara.

Ketua KIP Banda Aceh Indra Milwady mengungkapkan, seharusnya kontak suara yang diterima sebanyak 3.060, namun yang dikirim oleh KPU RI hanya 3.039 kotak suara. Tetapi Indra belum menemukan adanya kotak suara yang rusak sampai saat ini.

“Bilik suara saat ini berjumlah 2.274, masih perlu penambahan sebanyak 16 bilik suara lagi. Sementara beberapa item-item kecil lainnya seperti segel dan tinta kita simpan di kantor,” ujar Indra Milwady, Senin (11/2/2019).

Indra mengungkapkan, proses pengecekan akan terus dilakukan secara berkala untuk memastikan kotak dan bilik suara aman dan layak digunakan.

Indra menjelaskan, penambahan itu dilakukan dikarenakan adanya penambahan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil dari perbaikan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP).

Selanjutnya Indra menambahkan, kotak suara Pemilu 2019 yang terbuat dari karton kedap air itu dipastikan dalam kondisi aman dan layak dipakai dalam pemilihan 17 April mendatang.

Mengenai perakitan bilik dan kotak suara secara keseluruhan ungkap Indra, tak hanya dilaksanakan di gudang logistik, namun juga akan menggunakan salah satu ruangan gedung di kawasan Stadion Lhong Raya.

“Tempat tersebut juga sudah kita cek dan sangat memenuhi standar kelayakan dan keamanan. Kita sudah lakukan koordinasi dengan Panwaslih, Kepolisian bahkan Satpol PP untuk pengamanan,” ujarnya.