Connect with us

Politik

Sosialisasi Perda 7/2016, Iswanda Ramli: Warga Medan Gratis Berobat ke Puskesmas

Published

on

Medan, Geosiar.com – Bagi seluruh warga kota Medan kendati tidak memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) namun memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa berbat garatis ke Puskesmas. Perda Kota Medan menjamin pembebasan ritribusi biaya berobat bagi warga Medan.

Penjelasan itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Ramli SE (Nanda) saat menggelar sosialisasi II Tahun 2019 Perda Kota Medan No 7/2016 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan di Jl Bunga Asoka, Gang Subur, Kelurahan Asam Kumbang Kec Medan Selayang, Minggu pagi (10/2/2019). Hadir dalam kegiatan reses, Sekretaris Camat Medan Selayang, Lurah Asam Kumbang Endang, tokoh masyarakat, tokoh agama dan ratusan konstituen.

Dikatakan Nanda, selain KTP juga bagi keluarga miskin, anak jalanan dan korban kekerasan juga dibebaskan dari retribusi layanan kesehatan Pusat Kesehatan Maayarakat (Puskesmas). Hal itu diatur bab VI Pasal 11 yang menyebutkan bahwa bagi penduduk daerah yang memiliki dan menunjukkan KTP/KRT/KS atau kartu jaminan/asuransi kesehatan lainnya tidak dipungut biaya retribusi.

Sama halnya dengan Bab IX Pasal 16 menyebutkan bahwa pembayaran retribusi untuk keluarga miskin, anak jalanan, korban kekerasan dan yang dipersamakan dan kelompok tertentu dibebankan kepada Pemerintah Daerah.

Sebagaimana diketahui, tersebut terdiri XX BAB dan 30 Pasal, kata Iswanda, Perda Nomor 7 Tahun 2016 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan itu perlu disempurnakan. Karena, belum jelas definisi wajib retribusi kesehatan di dalam Perda tersebut.

Seperti disebutkan di Bab II Pasal 5 Perda tersebut bahwa wajib retribusi pelayanan kesehatan adalah orang pribadi atau badan yang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan retribusi diwajibkan untuk melakukan pembayaran retribusi, termasuk pemungut atau pemotong retribusi tertentu.

“Perda ini perlu penyempurnaan. Karena belum jelas, retribusi yang dimaksud mencakup retribusi apa. Soalnya, yang kita tahu berobat ke Puskesmas gratis,” ungkapnya.

Diakhir sosialisasi, Iswanda Ramli mengaku senang bertemu dengan warga Medan Selayang. Pada kesempatan itu Nanda menyampaikan bersedia membantu masyarakat. “Keluhan apa saja khususnya infrastruktur dan pelayanan lain. Sampaikan melalui Lurah dan akan saya tindaklanjuti,” sebut Iswanda Ramli. (lamru)