Connect with us

Sumut

Tinggal di Gubuk Reot, Nenek di Sergai Butuh Uluran Tangan

Published

on

Tinggal di Gubuk Reot, Nenek di Sergai Butuh Uluran Tangan


Geosiar.com, Serdang Bedagai – Sangat disayangkan, Serdang Bedagai (Sergai) sudah 15 tahun dimekarkan dan selalu menerima penghargaan yang dapat menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran mulai dari pinggiran (Pedesaan), serta adanya gerakan bedah rumah yang setiap tahunnya telah dianggarkan baik dari APBN maupun APBD dan serta bantuan Raskin (Rastra).

Namun Nek Boinah, warga Dusun 12 Bangun Jawa Dua, Desa Marjanji, Kecamatan Sipispis kondisinya sangat memprihatinkan. Sudah puluhan tahun hidup sendiri di rumah gubuk bambu tanpa ada sanak keluarga dan juga tanpa menggunakan penerangan listrik (PLN).

Dikabarkan tidak ada kepedulian pemerintah Serdang Bedagai baik pemerintah daerahnya maupun pemerintahan desa.Pasalnya, nenek yang berusia 100 tahun ini hidup di bawah garis kemiskinan. Selama ini nenek yang kini tinggal sebatang kara hanya berteduh di sebuah gubuk reot dari tepas bambu yang berdiri di tanah milik orang lain. Rumah yang di huni nenek Boinaah hanya menggunakan penerangan dari lampu teplok (lampu dengan menggunakan minyak tanah).

Saat disambangi wartawan di rumahnya,  terlihat Nek Boinah sedang duduk termenung di kegelapan malam dengan penerangan lampu dari minyak tanah.

“Nenek tinggal sendiri disini nak, nenek numpang sama orang tanahnya, kalau gubuknya punya nenek,” ucapnya polos.

Saat ditanya apakah pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah, Nek Boinah mengaku belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. “Nggak pernah, sudah pulahan tahun saya nggak pernah mendapatkan bantuan pemerintah,  memang dulu pernah dapat raskin 4 Kg dengan membayar Rp5.000. Itu pun hanya 2 kali,” ujar Nek Boinah.

Sementara itu, Camat Sipispis, M. Kahar Efendi ketika ditemui wartawan, Kamis (07/02/2019) diruangannya terkait adanya Masyarakat Desa Marjanji yang butuh perhatian pemerintah, langsung merespon hal tersebut.

” Saya akan berkoordinasi dengan Kepala Desa Marjanji, Hari ini saya akan meninjau langsung ke sana” ucap Camat. (art)