Connect with us

Sumut

Gubsu Hadiri Penahbisan Uskup Baru Medan Mgr Kornelius Sipayung OFMCap

Published

on

Gubsu Hadiri Penahbisan Uskup Baru Medan Mgr Kornelius Sipayung OFMCap


Geosiar.com, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi ikut berbahagia dengan ditahbiskannya Uskup Agung Medan Monsinyor (MGR) Kornelius Sipayung OFMCap. Dia juga berharap, Uskup yang baru dapat menjadi teladan dan meningkatkan kerukunan hidup antar umat beragama di Sumatera Utara.

Hal tersebut disampaikan Gubsu Edy Rahmayadi pada malam Penahbisan Minsinyor (MGR) Kornelius Sipayung OFMCap Sabtu (2/1/2109) di Gedung Pemprovsu Jalan Williem Iskandar, Medan.

“Saya berharap Uskup Agung yang baru dapat melanjutkan tugas dan pengabdian yang diamanahkan terutama dalam rangka pembinaan jemaat dan meningkatkan pelayanan keagamaan kepada masyarakat, khususnya dalam Keuskupan Agung Medan,” kata Gubsu.

Dikatakan Gubsu, dalam melaksanakan pembinaan, seorang Uskup sering dihadapkan kepada berbagai hambatan dan tantangan, karena pengaruh situasi global yang berkembang dan terus berubah seiring dengan kemajuan zaman.

“Untuk itu dalam memberikan pelayanan kepada warga jemaat haruslah dihadapi dengan bijaksana serta penuh rasa kekeluargaan. Sehingga rasa kebersamaan dan kepedulian sosial yang tinggi tumbuh pada jemaat,” ungkap Gubsu.

Gubsu pada kesempatan itu mengajak kepada umat Katolik, khususnya Keuskupan Agung Medan untuk terus mendukung tugas pelayanan Uskup demi tercapainya tujuan bersama.

Secara terpisah, Wakil Koordinator Acara Tahbisan Uskup Agung Medan, Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM  turut mengapresiasi kedatangan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan pejabat lainnya yang sangat netral terhadap semua umat beragama.

“Kami sangat berbahagia Gubernur Sumut Pak Edy Rahmayadi, Walikota Medan, Bupati Deli Serdang, dan pejabat lainnya dapat hadir di acara besar bagi umat Katolik ini. Hal ini menandakan bahwa kita semua adalah bersaudara meski berbeda keyakinan,” jelas Alumni Lemhannas itu kepada wartawan Geosiar.com.

Hendrik Sitompul  juga menjelaskan terpilihnya Uskup Agung Medan pertama kali secara secara resmi disampaikan oleh Paus Fransiskus di Vatikan.

“Paus Fransiskus menunjuk Pastor Kornelius Sipayung OFMCap menjadi Uskup Agung Medan secara resmi dalam rilis pada Sabtu (8/12/2018) lalu di Vatikan,” ungkapnya.

“Pastor Kornelius Sipayung terpilih menggantikan Mgr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap yang mengajukan pengunduran diri ke Tahta Suci Vatikan berhubung karena usia yang sudah melampaui batas uskup pensiun yakni 75 tahun,” sambung Caleg DPR RI Dapil 1 Sumut itu.

Sebelumnya, Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo memimpin penahbisan Uskup Agung Medan yang baru Minsinyor atau Mgr Kornelius Sipayung.

Tata Perayaan Ekaristi Penahbisan Uskup Agung Medan, juga dihadiri 29 Uskup se-Indonesia, Pastor se-Sumatera Utara, dan lebih kurang 14 ribu umat Katolik.

Selain itu, pembacaan Surat Apostolik (mandat Paus) mengesahkan penahbisan uskup baru dan sebagai tanda kesatuan dengan tahta Petrus dan juga Gereja Universal.