Connect with us

Lifestyle

Manfaatkan Air Beras untuk Berantas Ketombe Anda

Published

on

ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Rambut yang berketombe bisa menjadi mimpi buruk bagi orang yang mengalaminya. Apalagi untuk kaum hawa yang memiliki rambut panjang, ketombe dapat mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri.

Salah satu cara sesorang untuk mensiasati ketombe agar tidak kelihatan biasanya dengan cara menguncir rambut, padahal cara tersebut juga tidak terlalu bagus.

Penyebab munculnya ketombe dapat disebabkan karena kulit kepala kering, pada umumnya tidak cocok dalam pemakaian produk perawatan rambut. Lalu, bagaimana cara menuntaskan ketombe tanpa menggunakan produk kimia?

Ternyata air beras dapat menuntaskan ketombe. Bahan alami ini dapat anda gunakan untuk memberantas ketombe. Dengan menggunakan air beras, ketombe bisa hilang dan rambut pun menjadi lebih kuat dan sehat.

Cara ini sangat mudah untuk kamu yang ingin menghilangkan ketombe, caranya cukup menggunakan air rendaman beras, ketombe bisa hilang tanpa perlu mengandalkan bahan kimia.

Cara utama, letakkan beras kira-kira satu gelas ke dalam wadah. Lalu tuang air sampai menutupi permukaan beras dan rendam selama 15 menit. Setelah sudah, air rendaman beras tadi bisa dipindahkan ke dalam botol spray dan siap untuk disemprotkan ke bagian rambut secara merata, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Cara ini bisa anda lakukan seminggu 3 kali untuk dapatkan hasil yang maksimal.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

Agar Udang Tidak Berbau Amis, Begini Cara Membersihkannya

Published

on

Ilustrasi Udang

Geosiar.com, Lifestyle – Udang merupakan salah satu bahan masakan yang dapat diolah menjadi bermacam-macam masakan lezat yang menggugah selera. Binatang yang hidup di perairan itu juga memiliki cita rasa dan aroma yang sangat khas sehingga disukai banyak orang.

Nutrisi yang terkandung di dalam udang pun juga sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Berbicara mengenai udang, ada tips atau cara membersihkan udang agar udang tidak bau amis. Seperti apa caranya? Ini dia!

Saat membeli udang, kita wajib membeli udang yang masih fresh atau segar agar udang tidak menimbulkan bau amis.

Ciri-ciri udang yang masih segar adalah mata udang bening dan teksturnya cukup keras atau segar. Saat membeli udang yang telah dibeli pastikan untuk segera dibersihkan di bawah air mengalir.

Selanjutnya buang kepala udang dan bersihkan kotoran di dalamnya. Kupas pula kulit udang secara hati-hati lalu cuci bersih di bawah air mengalir.

Kemudian beri perasan air lemon di udang yang telah dibersihkan, biarkan selama beberapa menit sebelum udang dimasak atau lakukan ini sebelum menyimpan udang di lemari es dalam waktu cukup lama.

Udang yang dibersihkan dengan bersih dan diberi perasan air lemon tak akan memiliki bau amis yang terlalu menyengat.

Itulah dia cara membersihkan udang agar baunya tidak amis. Perlu diingat juga, saat menyimpan udang usahakan untuk menyimpan di freezer. Udang yang disimpan di freezer akan bertahan lebih lama. Semoga tips ini bermanfaat.

Continue Reading

Lifestyle

Manfaat Olahraga Kardio Bagi Tubuh

Published

on

Geosiar.com, Kesehatan – Olahraga tidak hanya berguna untuk membakar kalori dan lemak di dalam tubuh, namun juga mempunyai segudang manfaat lainnya. Salah satu jenis yang punya banyak manfaat adalah olahraga kardio.

Olahraga kardio atau olahraga aerobik adalah kegiatan olah tubuh yang bertujuan memperkuat jantung dan paru-paru. Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio juga bermanfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan. Terdapat banyak sekali jenis olahraga kardio sederhana yang bisa Anda coba, misalnya berjalan kaki, berlari, bersepeda, dan berenang.

Selain menyehatkan jantung, terdapat manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari olahraga kardio ini, di antaranya:

Menurunkan stres

Olahraga kardio memiliki manfaat yang bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan tenang. Ini dikarenakan olahraga kardio dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood Anda. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan, rutin berolahraga seperti berjalan kaki selama 30 menit dalam waktu paling tidak 15 hari, terbukti dapat mengurangi stres dan mengurangi gejala depresi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam penelitian yang membandingkan dua kelompok wanita yang aktif melakukan olahraga kardio dengan wanita yang tidak pernah berolahraga, terlihat perbedaan yang sangat signifikan. Kelompok wanita yang aktif berolahraga kardio memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif. Selain itu, kelompok yang tidak aktif melakukan olahraga kardio cenderung memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Stres berlebih merupakan salah satu faktor yang dapat melemahkan kekebalan tubuh.

Meningkatkan kualitas tidur

Jika Anda memiliki gangguan tidur setiap malam, maka cobalah untuk melakukan olahraga kardio. Menurut sebuah penelitian, melakukan olahraga kardio secara rutin dipercaya mampu membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat Anda tidur lebih lelap. Akan tetapi, sebaiknya hindari melakukan olahraga kardio berdekatan dengan waktu tidur, hal ini hanya akan membuat Anda kesulitan untuk tidur. Batasi waktu olahraga kardio setidaknya dua jam sebelum waktu tidur Anda.

Menjaga kadar gula darah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa melakukan olahraga kardio secara rutin dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 dan mengurangi gejalanya. Hal ini dikarenakan olahraga mampu memperbaiki cara tubuh dalam menggunakan gula darah dan juga menurunkan resistensi terhadap insulin.

Menurunkan kolesterol dan berat badan

Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol adalah dengan melakukan olahraga kardio. Para peneliti percaya melakukan aktivitas fisik seperti olahraga kardio dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, olahraga kardio juga mampu menurunkan berat badan pada penderita obesitas.

Continue Reading

Lifestyle

Selain Merah dan Putih, Ternyata Buah Naga Ada yang Kuning Loh!

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Ada sejumlah jenis buah naga, namun yakinlah bahwa yang paling sering kita temui dan dikonsumsi adalah buah naga yang dagingnya berwarna merah dan berwarna putih. Keduanya sama-sama enak meski warnanya berbeda.

Kalau Indonesia sendiri paling banyak menjual dan mengkonsumi buah naga yang dagingnya bewarna merah, yang ternyata memiliki nilai gizi yang lebih tinggi.

“Iya, di Indonesia kebanyakan itu buah naga yang bewarna merah,” kata Direktur Buah dan Florikultura, Dr Sarwo Edhy, SPMM dikutip dari detikHealth.

FYI, ternyata buah naga tidak hanya berwarna merah dan putih saja loh, tetapi ada juga buah naga yang bewarna kuning.

“Betul, buah naga ada yang merah, putih dan juga ada yang kuning, tapi jarang ditemukan di Indonesia,” tambahnya.

Warna kuning dari buah naga ini terletak pada kulitnya. Sementara dagingnya berwarna putih cenderung transparan. Buah naga berwarna ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun kini banyak dibudidayakan di beberapa negara Asia.

Dilansir dari Fresh Plaza, biji di dalam buah naga kuning lebih besar dari pada yang berkulit merah. Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya pun cukup tinggi serta rasanya pun jauh lebih manis.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com