Connect with us

Politik

Najwa Shihab dan Tommy Tjokro Diusulkan Jadi Moderator Debat Kedua

Published

on

Ketua KPU Arief Budiman

Geosiar.com, Jakarta – Nama presenter Najwa Shihab dan Tommy Tjokro sempat diusulkan menjadi kandidat moderator debat kedua ketika rapat KPU bersama perwakilan paslon Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi, di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Ketua KPU Arief Budiman mengungkapkan bahwa pihak stasiun televisi penyelenggara debat kedualah yang mengusulkan nama-nama tersebut.

Mengenai banyaknya jumlah moderator yang akan memandu debat kedua Pilpres 2019, Arief mengatakan jumlahnya bisa berkurang menjadi satu orang. Berbeda dari sebelumnya, ketika debat pertama, jumlah moderator adalah dua orang.

Salah satu pertimbangan mengurangi jumlah moderator adalah agar moderator tak banyak menyita waktu dalam debat. Namun, keputusan soal jumlah moderator baru akan diambil pada rapat yang digelar Jumat (25/1/2019).

“Ya bisa satu, bisa dua ya. Tapi kalau saya pribadi, kemarin kan berpasangan, maka moderator ada dua. Moderator dua kan mengambil waktu agak lama, kalau saya sendiri mengusulkan bisa satu. Jadi lebih cepat gitu. Silakan tanya jawab gitu loh,” ungkap Arief.

Untuk moderator, KPU juga memutuskan tokoh yang dipilih berasal dari media dan sudah memiliki jam terbang yang tinggi.

Sebelumnya, Komisioner KPU Wahyu Setiawan memastikan KPU tiap debat pilpres akan selalu mengganti moderator. Pada debat pertama, presenter Ira Koesno dan Imam Priyono yang menjadi moderator. Tujuan mengganti moderator tiap debat agar penonton tidak bosan.