Connect with us

Politik

Setelah Banten, Ma’ruf Amin Berencana Kunjungi Jatim dan Kalsel

Published

on

Ma'ruf Amin (merdeka.com)

Geosiar.com, Jakarta – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 Ma’ruf Amin sepekan ini akan berkampanye ke berbagai daerah. Setelah ke Provinsi Banten, Ma’ruf berencana mengunjungi Jawa Timur (Jatim) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Mendeklarasikan Barnus, Barisan Nusantara. Setelah Dzuhur, kita ke Jawa Timur,” ungkap Ma’ruf sebelum meninggalkan kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Setelah berkunjung ke Banten, Ma’ruf rencananya akan ke luar Pulau Jawa yaitu Kalsel. Tugas Ma’ruf disana Ma’ruf tidak begitu sulit karena pasangan Jokowi-Jusuf Kalla pada 2014 lalu hanya kalah tipis dengan perolehan suara 49,95 persen dilokasi tersebut.

“Setelah itu menuju Kalimantan Selatan. Pokoknya kita siaplah keliling Indonesia muter-muter. Jadi perjalanan kali ini makan waktu satu minggu enggak pulang,” ucapnya lagi.

Ma’ruf sempatkan menyapa basis Prabowo juga menguatkan basis pendukungnya di Jatim. Di Jatim dirinya akan berkeliling ke berbagai kota mulai dari Madiun, Ngawi, Trenggalek, Tuban, Lamongan, Nganjuk, dan lainnya.

Menurut Ma’ruf, kunjungan ini bukan bentuk kekhawatiran menurunnya dukungan pada Jokowi-Maruf. Dia menyatakan bahwa selama ini ia terlalu sibuk di daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta sehingga tak sempat berkunjung ke Jawa Timur.

Bagi Ma’ruf, Banten adalah salah satu fokus kampanye Maruf. Melihat dari 2014 lalu pasangan Jokowi-Jusuf Kalla diungguli pasangan Prabowo-Hatta Rajasa dengan perolehan suara 57,10 persen. Oleh sebab itu, pada Pilpres 2019 ini Ma’ruf terus mencoba meyakinkan masyarakat Banten yang merupakan basis pendukung Prabowo.

“Karena saya dianggap putra Jawa Barat, mewakili Pasundan. Jadi kalau Jawa Barat kalah kami malu. Kalau di Jakarta, saya kiprah di Jakarta saya dari muda memang di Jakarta, NU di Jakarta. Saya lahir di Banten. Di Jakarta saya mulai Ansor sampai Rais Am. Kalau enggak milih orang Banten jangan ngaku orang Banten,” tutup Ma’ruf.