Connect with us

Hiburan

Pesta Tahunan Desa Batukarang Meriah, Diharapkan Generasi Muda Tak Lupa Adat Istiadat

Published

on

kemeriahan suasana berlangsungnya pesta kerja tahun desa batukarang

Geosiar – Tanahkaro – Kabupate Karo indektik dengan Adat istiadat yang sangat kental, serta untuk mempererat silaturahmi dan Persaudaraan diantara Masyarakat baik yang tinggal dikampung halaman ataupun yang berada diluar Desa dan diperantauan, maka disetiap tahun tetap diadakan Pesta Rakyat Yang Lazim disebut dengan Kerja Tahun (red: Pesta Tahunan), Kerjatahun Desa Batukarang, sabtu (19/1/2019).

Tokoh Masyarakat desa Batukarang, Indon Putra Bangun SH, memaparkan (19/1)
didalam tanggalan kelender karo, disebut dengan kata Cukra Dudu Lau, dan dihari pertama Perayaan masyarakat akan melakukan Motong yang mana dapat diartikan saat waktu sesi Motong, maka setiap Tamu yang datang akan dijamu dan dengan makanan pembuka, yakni makanan khas pesta tahunan “Bohan Rires” sebagai tanda penghormatan.

Selanjutnya, pada hari kedua yang lazim juga disebut dengan kata “Matana” yang dapat diartikan masyarakat yang menggelar acara pesta tahunan didesanya akan menghantar bunga Pada Leluhur masing masing yang telah meninggal dunia (red : berada ditanah Kemulihen) dan pada hari ketiga Perayaan yang lazim juga disebut “Rebu” yang mana pada hari tersebut masyarakat tidak dibenarkan melakukan pekerjaan pekerjaan dengan mengunakan Senjata Tajam.

Kali ini Pesta tahunan yang dilaksanakan didesa Batukarang, kecamatan payung Kabupaten Karo, Sumatra Utara terlaksana dengan sangatlah Meriah, itu terlihat dengan banyaknya serta antusiasnya masyarakat yang melakukan Ngelemang ataupun Ngerires sebagai simbol dari kehormatan kepada Leluhur, ujar indon Putra Bangun SH, yang juga putra Asli Desa Batukarang dari kesaint (kelompok) Bangun Rumah Kesaint Jambor Tandok.

Adapun tujuan dari diadakanya secara rutin Pesta Tahunan Ngerires ini untuk mempererat hubungan Kekerabatan dikalangan masyarakat Tanah Karo, dan khususnya warga Batukarang ini, dan juga agar generasi muda nantinya tidak lupa akan Adat istiadat beserta Leluhur mereka, seperti tata cara didalam Perlandek (Menari) yangmana ada aturan boleh atau tidak menjadi pasangan menari, ataupun tidaklah Tabu, tegas Indon.

lanjutnya lagi, disaat Pesta Kerja Tahun berlangsung, sering sekali mereka juga yang bertemu saat perayaan bertutur, dan saling memperkenalkan diri, seperti tutur Rimpal (red: pariban) yang kemungkinan besar dapat menjalin suatu hubungan, dan tidak jarang juga diantara para Muda Mudi akhirnya mendapatkan jodoh pada saat Pesta Tahunan hingga melangsungkan pernikahan.

Terlepas dari itu semua, yang Terpenting dilaksanakanya Acara Pesta tahunan didesa Batukarang ini, Muda Mudi Karo harus menanamkan Merga Silima, Tutur siwaluh, Rakut Sitelu, Perkadede Kaden Sepuluh Dua, Tambah Sada, dikarenakan ini adalah kata Kunci untuk orang Karo Sebagai Pegangan hidup, ujar indon mengakhiri.

Lain halnya juga seperti yang dikatakan Janpri Bangun (19/1), salah satu Muda Mudi Desa batu karang mengatakan didalam Acara Kerjatahun Ngerires ini bisa juga bertemu dengan teman-teman yang sudah lama merantau dan berbagi pengalaman, yang langsung diamini oleh Viona br Ginting yang Notabene sudah berdomisili di kota Solo (Jawatengah) dengan logat Karo Menyahut ” Bas kerja Tahun e adi danci mulih kukuta bene kerina ngalah ngalah Erlajang (red : didalam merayakan Pesta tahunan ini, kalau bisa pulang kampung juga dapat menghilangkan rasa capek saat di perantauan) harap Viona sembari tertawa.

Terpisah, Rondi Sembiring dan Reza, serta Jodi Warga kaban jahe, sebagai tamu dalam pesta tahunan Desa Batukarang mengatakan dengan sedikit reaksi malu malu mengatakan, saya baru kali ini menghadiri dan menyaksikan Pesta Adat Kerjatahun Ngerires didesa Batukarang, berbekal informasi dari teman bahwa Kerja tahun di Batukarang sangat ramai yang merayakan.

Sesampainya kami didesa Batukarang dan menuju losd pusat acara berlangsung, ternyata memang benar sangat ramai, dan kami terjebak macet hingga tiga jam lamanya baru Sampai ke rumah Teman kami, walaupun terjebak macet, kami merasa senang juga sih karena melihat anak Muda Mudi sini orang orangnya sangat care, ditambah terlihat juga gadis gadisnya yang berparas cantik dan Ramah, jadi gak terasa macatnya, ujarnya sembari tersungging dan tersipu malu./Mawar

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hiburan

Keren! Film ‘Wiro Sableng’ Akan Hadir di Festival Film Italia

Published

on

Ilustrasi Film Wiro Sableng

Geosiar.com, Selebritis – Setelah tayang di Malaysia dan Singapura, kini film ‘Wiro Sableng’ akan hadir di ajang Far East Film Festival 21 Udine, Italia.

Sebelumnya, film berkisah tentang seorang pendekar Kapak Naga Geni ini pernah mengukuti Film Festival & Awards Macao di awal 2019 lalu. Kali ini, Wiro Sableng memiliki kesempatan untuk menghibur masyarakat Eropa, khususnya Italia.

Pada rilis pers di Jakarta, 12 April 2019, film garapan ko-produksi Lifelike Picture dan 20th Century Fox maju ke ajang kompetisi Far East Film Festival 21 Udine di Italia.

“Kami bangga karena film Wiro Sableng dapat terpilih menjadi perwakilan Indonesia dalam Far East Film Festival 2019. Hal ini menunjukan bahwa perkembangan industri film Indonesia saat ini mampu menarik perhatian penonton-penonton di luar pasar Asia,” kata Sheila Timothy selaku Produser film Wiro Sableng.

Sherina Munaf yang memerankan tokoh Anggini disebut akan menghadiri festival ini bersama dengan sang produser sebagai perwakilan dari film Wiro Sableng.

Far East Film Festival (FEFF) merupakan festival film terbesar di Eropa yang didedikasikan untuk film populer di Asia sejak tahun 1999. Festival ini bertujuan untuk memahami dan mengapresiasi pembuatan film Asia di kalangan Eropa.

Far East Film Festival menampilkan total 76 film dari 12 negara. Film ‘Wiro Sableng’ akan dikategorikan dalam Festival’s Audience Award, dan diselenggarakan pada 26 April – 4 Mei 2019.

Continue Reading

Daerah

Off-road Piala Sapari Purba Di Agro Wisata Pelangkah Gading Succes Terlaksana

Published

on

Sapari Purba Calon legislatif DPRD Kabupaten Karo dari Partai Nasdem saat melepas start off-road di kawasan wisata pelangkah gading, desa Kuta Mbaru.

Geosiar – Tanahkaro – Acara Latihan bersama dalam olahraga otomotif (Off Road) piala Sapari Purba, minggu (31/3) yang diselenggarakan dilokasi objek wisata Pelangkah Gading di Desa Kuta Mbaru, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo, Sumatera Utara sukses dilaksanakan.

Latihan bersama dihadiri dan disaksikan oleh ratusan masyarakat, baik dari desa sekitar maupun dari kota kabanjahe hingga dari luar kabanjahe, seperti medan dan siborong borong tapanuli, dan acara latihan bersama tersebut di ikuti puluhan peserta dari berbagai Club otomotif mobil off-road dan dibawah binaan Pengcab IOF Kabupaten Karo yang di Ketuai oleh Suriyadi Purba, Sekjen IOF Karo Monang Sitanggang yang juga Master track lapangan off road Karo, serta juga Calon Legislatif DPRD Karo 2019 dari partai Nasdem daerah pemilihan 5 dengan nomor urut 1.

Amatan dilokasi, terlihat Calon legislatif DPRD Provinsi dari partai Nasdem Heben Heser Ginting hadir dan mejajal Track bersama para peserta off road lainya yang tampak sangat bersemangat dan berjibaku untuk melewati setiap rintangan di jalur track Alami yang benar benar dapat memacu adrenalin para peserta latihan bersama, dan Acara Off Road berhasil memukau para penonton yang memadati arena track Off – road yang tetap setia menonton hingga akhir pemberian hadiah beserta cinderamata.

Ketua Panitia Aryzona Purba mengatakan, “kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dari Partai Nasdem beserta Ora Et Labora grup dan sahabat #2SP yang juga sebagai penyelenggara kegiatan bersama Tokoh pemuda Karo Sapari Purba Caleg dari Partai Nasdem nomor urut 2, dari dapil 4, Kecamatan Munte, Kecamatan naman Teran, Kecamatan Kuta buluh, Kecamatan payung dan Kecamatan Tiganderket, ujar Ary.

Acara Off Road ini terlaksana melalui gagasan dari putra kelahiran Desa kinepen Kecamatan Munte, yakni Sapari Purba. selain memberikan hiburan kepada masyarakat luas, acara ini juga sebagai wujud upaya kita turut mensukseskan pemilihan umum dan pemilihan Legislatif DPRD Kabupaten karo periode tahun 2019 – 2024, dan kita juga mengundang pihak pengawas pemilu kecamatan munte.

Para peserta off-road ini tak hanya diikuti oleh anggota IOF dari team lokal saja namun dari luar daerah seperti dari Siborong-borong dan sekitarnya juga hadir dalam kesempatan ini,” kata Aryzona Purba.

Sapari Purba saat ditemui dilokasi terkait terlaksananya Kegiatan Off Road menyatakan ” acara ini terlaksana bertujuan untuk memberikan motivasi kepada kaum pemuda, dan terkhususnya agar lebih mengutamakan prestasi, olahraga dan hal hal kegiatan yang positif dan tentunya bermanfaat.

kita juga menghimbau agar jauhi judi dan narkoba yang dapat merusak mental generasi penerus bangsa,” jelas Sapari Purba saat pembukaan Acara latihan bersama di hadapan para peserta dan ratusan penonton yang hadir di lokasi,

Lanjutnya lagi, ” kegiatan ini sengaja kami selenggarakan di kawasan wisata Pelangkah gading semata mata bertujuan untuk meningkatkan gairah kunjungan wisatawan ke kabupaten Karo dan khususnya ke kawasan objek wisata Pelangkah gading ini, karena kawasan Pelangkah gading sangat cocok dipakai diberbagai kegiatan off-road seperti ini, lokasi jalur Track Off-road yang sangat menantang cukup memacu andrenalin para peserta.

Disamping itu, ajang latihan bersama ini kami juga memberikan hadiah trophy dan cindramata bagi peserta yang tercepat. semoga pelangkah gading lebih dikenal, saya turut mendukung upaya-upaya pemerintah Desa kuta mbaru dalam mengembangkan kawasan ini demi kemajuan bersama dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar tentunya ,” pungkas Sapari purba.

Selanjutnya kepala Desa Kutambaru Kecamatan munte, Benyamin Sembiring mengucapkan terimakasih dengan terlaksananya Off road dipelangkah Gading, kades mengatakan ” kami ucapkan Terimakasih yang sebesar besarnya kepada anggota team Pengcab IOF Kabupaten Karo, Muspika Kecamatan Munte, Panitia penyelenggara dan juga kepada Sapari Purba bersama rekan rekan yang telah berkontribusi melaksanakan kegiatan Off-road ini, jujur kami sangat mengapresiasi kegiatan event ini dikawasan wisata Pelangkah gading ini.

Walaupun cuaca hujan, namun tak menyurut kan semangat para peserta dan pengunjung yang datang, kami pemerintahan desa berharap kedepanya Agro wisata Pelangkah gading dapat lebih dikenal dan dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun dari luar tanah karo, ungkap Benyamin Sembiring.

Kegiatan latihan bersama Off-road piala Sapari Purba ditutup dengan sesi acara penyerahan hadiah trophy/piala kepada para juara lomba latihan bersama yang diraih Geo Riski sitanggang sebagai juara pertama dari Team kinepen Off-road, Kevin Costner Sitanggang meraih juara dua dari team Eltar Seribu Dolok off-road, Juara 3, 4 dan 5 di borong oleh team Siborong borong off-road, serta juara ke 6 diraih oleh Team Risman sibadarabi dari team Eltar seribudolok./edy surbakti

Continue Reading

Hiburan

Guru di Medan Ajak Murid Nyanyikan ‘All I Want’, Band Kodaline Dibuat Kagum

Published

on

Guru di Medan ajak murid-murid bawakan lagu 'All I Want' milik band Kodaline.

Geosiar.com, Hiburan – Beredar sebuah video seorang guru SMP Al Azhar Medan bersama muridnya bermain gitar dengan membawakan lagu All I Want Kodaline. Guru bernama Tria Dinata itu terlihat membimbing muridnya bermain gitar sambil menyanyikan lagu band asal Irlandia.

Siapa sangka, ternyata video itu sampai juga ke band yang baru saja tampil di Indonesia. Melalui akun Twitter, mereka kagum dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Tria dan muridnya.

“This is so awesome! Thank you @triadinata91 for teaching our music, great work guys,” tulisnya seperti dikutip dari akun Kodaline, Jumat (29/3/2019).

Sang guru, dalam video tersebut, begitu interaktif mengajarkan muridnya. Dia sangat menjiwai mengajak muridnya untuk meresapi lagu ini.

Tak hanya Kodaline saja yang memberikan apresiasi untuk guru dari Medan itu, CEO Prambanan Jazz, Anas Syahrul Alimi ingin memberikan tiket konser secara gratis kepadanya.

“Santri “Kodaline” Adakah yang tahu siapa guru keren yang sedang mengajar ini? Saya ingin memberikan tiket nonton gratis konser-konser yang saya bikin seumur hidup,” tulisnya seperti dikutip dari twitter.

Wow, keren ya!

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com