Connect with us

Nasional

Setelah Bebas, Abu Bakar Baasyir Akan Menetap di Solo

Published

on

Abu Bakar Ba'syir

Geosiar.com, Jakarta – Keluarga menyambut bahagia dibebaskannya narapidana terorisme Abu Bakar Ba’syir dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Diketahui, selama bebas Ba’asyir akan tinggal di Solo.

“Kami bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang besar ini, atas dibebaskannya beliau (Ba’syir) dari penjara ini. Ini hal yang wajib kami syukuri,” kata putra Ba’syir, Abdul Rohim, di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jumat (18/1/2019).

Abdul mengatakan, jika sudah bebas nanti, Ba’asyir akan tinggal di Pondok Pesanteren Al Mukmin, Solo, Jawa Tengah bersama keluarga.

“Insya Allah kalau sudah bebas, karena memang kebetulan tinggal di rumahnya kami di Pesantren Al Mukmin, jadi akan tinggal di sana,” jelas Abdul.

Abdul mengaku bahwa Ba’syir nantinya akan lebih banyak mengahabiskan waktu berisitirahat di rumah mengingat kondisi kesehatannya yang tidak seperti dulu lagi.

“Kan sudah tidak ada batasan, bebas murni dan beliau juga sebagai warga biasa. Tapi karena kondisi kesehatan beliau kan tidak seperti dulu, untuk kegiatan tablig dan sebagainya akan sangat terbatas karena kondisi fisiknya dan kesehatannya,” tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan dibebaskannya Ba’ayir karena sudah menjalani lebih dari separuh masa hukuman 15 tahun, dan sudah menginjak usia 81 tahun.

Hal itu dikatakan Kuasa hukum pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra saat mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jumat siang (18/1/2019).