Connect with us

Lifestyle

Aktivitas Menyenangkan yang Cocok untuk Meningkatkan Kreativitas Anak, Dicoba Moms

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Pada dasarnya anak-anak kreatif. Lebih lanjut orangtualah yang membantu dan memfasilitasinya anak untuk mengasah dan meningkatkan daya kreativitasnya. Cara-cara sederhana juga dapat membantu meningkatkan daya kreativitas anak dengan efektif.

Seperti dikutip dari youngparents.com.sg, Dr Henry Toi dari Mulberry Learning Centre merekomendasikan sejumlah aktivitas yang bisa kita lakukan bersama anak untuk meningkatkan daya kreativitasnya. Lima di antaranya adalah sebagai berikut.

Mengarang Cerita

Sebelum bermain dengan anak, kumpulkan sejumlah benda atau mainan. Kita dapat mencoba mengarang cerita berdasarkan benda-benda tersebut. Ceritanya tak harus yang logis. Bebaskan anak untuk menggunakan imajinasinya.

Memasak dan Membuat Kue Bersama

Mengajak anak memasak atau membuat kue bersama. Mempercantik bahan makanan yang akan dimasak. Menghias kue yang akan dipanggang. Berbagai kegiatan dalam aktivitas memasak dan membuat kue bersama bisa mengasah daya kreativitas anak. Anak pun bisa sekaligus belajar untuk tidak terlalu pilih-pilih makanan. Dia pun nantinya akan lebih semangat makan dari hasil buatannya sendiri.

Membuat Kerajinan Tangan

Membuat karya dan menghasilkan sesuatu dari kedua tangan kita bisa jadi cara efektif meningkatkan daya kreativitas. Izinkan anak untuk berkreasi. Bimbing anak untuk bebas menggunakan imajinasinya dalam membuat kerajinan tangan. Gunakan aneka pensil, crayon, dan spidol warna-warni untuk menciptakan banyak inspirasi baru dalam berkreasi.

Menceritakan Ulang Cerita yang Dibaca

Usai membaca atau mendongengkan cerita pada anak, coba arahkan anak untuk menceritakan ulang ceritanya. Bisa memakai bahasa sendiri. Boleh juga mengubah alur atau akhir ceritanya.

Mengklasifikasikan Benda-Benda

Jika anak memiliki banyak koleksi mainan aneka hewan, kita dapat memintanya untuk mengklasifikasikan hewan-hewan tersebut. Contohnya hewan yang berkaki dua, berkaki empat, mana yang herbivora dan karnivora, dan sebagainya. Kegiatan ini bisa jadi sebuah tantangan sendiri yang cukup menyenangkan bagi anak.

Sejumlah cara dapat kita lakukan untuk membantu meningkatkan daya kreativitas anak. Kita juga bisa menggunakan berbagai macam sumber inspirasi untuk mengasah kreativitas anak dengan cara yang menyenangkan.