Connect with us

Politik

Persiapan Jalani Debat, Ma’ruf Terima Masukan dari Pakar Hukum

Published

on

Direktur Konten TKN Jokowi-Ma'ruf, Fiki Satari (kumparan.com)

Geosiar.com, Jakarta – Debat pilpres akan digelar satu hari lagi atau besok, Kamis (17/1/2019). Cawapres nomor urut 02, Ma’ruf Amin menerima masukan beberapa ahli dan pakar dari berbagai bidang keahlian sebagai persiapan debat yang akan dijalaninya besok bersama capres Joko Widodo.

“Ya ada, pakar tentu ada saja, bisa menyampaikan masukan, saya juga butuh masukan,” kata Ma’ruf Amin di kediamanya, Jalan Situbondo 12, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (16/1/2019).

Akan tetapi Ma’ruf tidak menyebut siapa saja pakar yang memberinya masukan. Yang penting Ma’ruf paham betul tentang isu yang akan diangkat saat debat, yaitu soal hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Walaupun ini kali pertama Ma’ruf mengikuti debat capres, Ma’ruf tidak merasa merasa gugup. Pengalamannya yang cukup panjang pada keorganisasian NU dirasa cukup membantu performanya saat debat.

“Saya kan biasa kalau berdebat di NU biasa itu, hanya materinya yang berbeda tentu, jadi saya membaca, kira-kira apa yang akan didebatkan itu,” ungkap Ma’ruf.

Sebelumnya, Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Moeldoko menyebut, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra menjadi salah satu pakar yang memberi masukan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf. Menurut sumber kumparan, ada sejumlah nama yang masuk menjadi tim pakar. Seperti Satya Arinanto, Firman Wijaya, Imam Anshori Saleh dan tim debat serta tim hukum dan advokasi TKN.

Tim advokasi dan hukum TKN yaitu Juri Ardiantoro, Christina Aryani, Moh. Toha, dan Hermawi Taslim. Pada Rabu (16/1/2019), eks Seskab di era Jokowi yang juga Ketua relawan Jokowi-Ma’ruf, Cakra 19 tampak menemui Ma’ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng. Namun, tidak diketahui tujuan kedatangannya.