Connect with us

Lifestyle

Bayi Memiliki Kulit Sensitif, Ini yang Harus Dilakukan Orangtua?

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Setiap orang tua pasti menginginkan seorang buah hati hadir ditengah-tengah keluarganya. Akan tetapi kebahagiaan tersebut akan sedikit berkurang ketika mendapati buah hati yang masih bayi kesehatannya terganggu.

Masalah kesehatan pada bayi pada umumnya adalah adanya alergi pada kulit atau permasalah kulit. Seperti diketahui bayi memiliki kulit yang masih sangat sensitif. Dibandingkan kulit orang dewasa, kulit bayi lebih mudah terpengaruh oleh banyak hal di sekitarnya, bahkan hal kecil sekalipun. Seperti dikutip dari laman parents.com, hal tersebut dapat terjadi karena suhu lingkungan, produk bayi yang digunakan untuk bayi, baju bayi dan lainnya.

Pastikan memilih produk yang aman buat bayi. Hindari memilih sabun, lotion, parfume hingga sampo yang bisa menyebabkan alergi pada kulit bayi. Hindari juga memilik bedak yang bisa meningkatkan risiko alergi. Sebaiknya, kita memih prodik yang mengandung pH seimbang.

Bijaklah ketika memandikan bayi. Alangkah baiknya bayi baru lahir tidak langsung dimandikan, namun cukup dilap saja tubuhnya. Atur suhu air. Jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin. Sebaiknya, konsultasikan hal ini dengan bidan atau dokter anak. Hindari juga kebiasaan memandikan bayi dalam waktu yang lama. Bayi dimandikan paling lama selama 10-15 menit.

Apabila kulit bayi mengalami alergi atau masalah lainnya, pastikan untuk memakaikan pelembab. Pelembab berguna untuk menjaga kulit bayi dari alergi dan sejenisnya. Obati juga masalah kulit bayi dengan obat atau salep yang benar-benar cocok buat kulitnya. Jangan lupa memakaikan pakaian yang dingin dan membuat bayi nyaman. Baju yang panas dan tidak menyerap keringat biasanya akan meningkatkan risiko alergi kulit pada kulit bayi.