Connect with us

Lifestyle

Lemot Karena Memori Internal Penuh? Ini Cara Mengatasinya

Published

on

ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Pernah mengalami memori HP Android penuh padahal tidak install banyak aplikasi? Hal itu bisa saja terjadi karena terlalu banyak cache tidak berguna yang tersimpan di Android kamu. Dalam artikel kali ini, JalanTikus akan membahas cara hapus cache untuk membuat memori Android jadi lebih lega dan kinerja Android jadi lebih cepat.

Mengunakan smartphone seperti biasa aja sering macet. Gara-gara sistem android tidak bisa menyimpan data sehingga tidak berjalan secara normal. Apalagi jika memori internal kamu di bawah 16GB, mungkin akan sering mengalami ini. Inilah beberapa hal yang membuat memori internal penuh dan cara mengatasinya.

Hapus Cache.

Cache yaitu data yang disimpan di memori internal. Cache sangat penting karena bisa berguna untuk mempercepat kinerja system Android dan mencatat semua kegiatan yang telah kita lakukan. Cache terbanyak biasanya terdapat pada aplikasi Facebook, Instagram, Google Chrome dan Game Clash of Clans.

Perlu diingat, Cache juga bisa menghabiskan ruang di memori internal jika tidak dihapus. Untuk menghapus cache, buka Pengaturan -> Apps -> Buka satu persatu aplikasi yang terinstal -> Kemudian hapus cache. Jika ingin instan, maka kamu bisa juga menginstal aplikasi pembersih cache otomatis yang sudah banyak tersedia di toko aplikasi.

Membersihkan File Obb.

File obb, biasanya digunakan untuk menyimpan file aplikasi dan game yang memakan banyak sekali ruang di memori internal. Biasanya file obb tidak terhapus walau aplikasi dan game telah dihapus. Letak file obb berada di memori internal tepatnya di Android -> folder obb -> file obb.

Hapus Juga Folder .thumbnails.

Folder .thumbnails yaitu folder yang menyimpan foto dalam ukuran kecil dengan tujuan untuk mempermudah penampilan gambar di Galery. Perlu diingat, semakin banyak file di folder .thumbnails, maka akan semakin besar ruang yang akan dipakai untuk menyimpan foto. Letak folder .thumbnails berada di DCIM- .thumbnails.

Foldernya tersembunyi. Untuk melihatnya, silakan gunakan aplikasi yang bisa membuka file tersembunyi.
Buat penguna smartphone Android, kalian semua jangan malas. Harus merawat smartphone kalian dengan baik. Supaya smartphone kesayangan kamu bisa berjalan secara normal. Fyi, jika memori internalmu cuma 4GB, sebaiknya kamu menyimpan data di MicroSD.