Connect with us

Nasional

DKI Jakarta Pinjamkan 55 Truk Sampah ke Kota Bekasi

Published

on

DKI Pinjamkan 55 Truk Sampah Bekas ke Kota Bekasi (Tribunnews.com)

Geosiar.com, Jakarta – Pemerintah DKI Jakarta meminjamkan 55 truk sampah bekas kepada Kota Bekasi. Nantinya, puluhan truk ini akan digunakan untuk mengangkut sampah milik warga Kota Bekasi ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu.

“Sekarang ada 55 truk sampah yang kita pinjam-pakaikan untuk Kota Bekasi,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji, Kota Bekasi, Selasa (15/1/2019).

Isnawa memberikan kunci simbolis kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Luthfi. Penyerahan bantuan tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Walaupum armada yang diberikan barang bekas, namun Isnawa Adji menjamin kualitasnya baik. Menurutnya truk yang diberikan masih layak digunakan Kota Bekasi selama beberapa tahun ke depan.

Pemerintah DKI telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bekasi sehubungan dengan pengelolaan sampah. Setiap hari, DKI mengirim sekitar 7.400 ton ke TPST Bantargebang, Bekasi. Tak hanya itu, pemerintah DKI mengalokasikan dana wajib atau kompensasi bau sampah untuk Pemerintah Kota Bekasi sebesar Rp 338 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengapresiasi pinjaman truk sampah DKI ke Kota Bekasi. Menurutnya, truk yang dipinjamkan ke Kota Bekasi bisa membantu petugas mengangkut sampahnya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu.

Di sisi lain, pemerintah daerah juga dapat menghemat anggaran pembelian armada truk sampahnya.