Connect with us

Nasional

Black Box CVR Lion Air JT 610 Akhirnya Ditemukan

Published

on

Bagian Black Box pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610 yang jatuh diperairan Tanjung Karawang, Jawa Barat saat tiba di Laboratorium KNKT, Jakarta Pusat, Kamis (1/11/2018). (tribun)

Geosiar.com, Jakarta – Akhirnya Black box yang berisi cockpit voice recorder (CVR) pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, ditemukan.

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada I TNI AL Letkol Laut (P) Agung Nugroho menyampaikan, black box ditemukan penyelam TNI AL pada Senin (14/1/2019) pagi.

“Iya ketemu pukul 09.10 oleh penyelam Kopaska dan Dislambair,” kata Agung kepada wartawan, Senin (14/1/2019).

Black box tersebut, kata Agung,ditemukan tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat. Namun, ia tidak bisa menyebut lokasi persis penemuan. Black box tersebut kini sudah diangkat ke kapal TNI AL sebelum dibawa ke Jakarta.

“Sekarang sudah dipegang, sudah diangkat ke kapal (CVR-nya). Kapal apanya saya belum tahu,” ujar Agung.

Pekan lalu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama TNI AL melanjutkan kembali pencarian black box berisi CVR yang sempat terhenti.

Sebelumnya diketahui, Pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi. Pesawat itu mengangkut 181 penumpang dan 8 awak. Semua penumpang dan awak diduga tewas dalam kecelakaan tersebut.