Connect with us

Lifestyle

5 Tips Menabung dengan Tepat

Published

on

Geosiar.com, Lifestyle – Berapa lama gaji bulanan Anda dapat bertahan di dalam dompet? Tidak perlu minder, dear. Berikut 5 tips untuk Anda supaya dapat menabung dengan tepat.

Trik #1: One Goal At A Time

Bisa jadi saat ini Anda punya daftar panjang hal-hal yang ingin Anda miliki. Membeli rumah, mobil, tas baru lansiran desainer favorit… and the list goes on. Ternyata memiliki banyak goal justru membuat Anda tidak fokus menabung, itulah yang dikatakan hasil studi dari Journal of Marketing Research. Mulailah dengan fokus pada satu goal terlebih dahulu dan buat rekening tabungan untuk mencapainya. Cek rekening tersebut secara rutin karena melihat angka rekening bertambah dapat menambah motivasi Anda.

Trik #2: Tulis dan Beri Tahu

Tulislah tujuan finansial Anda di atas kertas sebelum menyisihkan uang bulanan secara rutin di bank. Studi yang dilakukan oleh Dominican University of California menemukan bahwa mereka yang menuliskan hal yang mereka inginkan akan 42% lebih mudah mencapainya. Jika Anda melaporkan perkembangan setiap minggu ke orang lain tingkat kesuksesan akan meningkat hingga 78%. Jadi, bicarakanlah soal keuangan ke keluarga atau the girls. Jika masih ragu Anda bisa menggunakan jasa financial planner untuk berbagi tentang topik ini.

Trik #3: Beri Nama Rekening Tabungan

Memberi nama rekening tabungan ternyat dapat memotivasi Anda untuk lebih giat menabung. Kristen Robinson Darcy, Senior Vice President dari Women and Young Investment di Fidelity Investment, Amerika Serikat mengatakan bahwa rekenening yang diberi nama akan membantu otak untuk membayangkan kemana uang pergi. Memberi nama rekening juga membuat Anda lebih mudah untuk memisahkan penghasilan. Jadi, uang yang disisikan untuk tabungan “Liburan ke Pantai Eksotis di Indonesia” tidak tercampur dengan tabungan “Gunakan Ini Di Saat Darurat Saja”.

Trik #4: Mulai dari Hal Kecil

Mungkin terdengar sederhana, tetapi kebiasaan menyimpan uang yang Anda temukan di celana yang sudah lama tidak dipakai atau di laci sudah dapat membawa otak ke mind-set menabung. Bahkan menurut Greg McBride, Senior Vice President dan Chief Financial Analyst dari Bankrate.com, kebiasaan tersebut dapat membuat Anda tidak menjadi impulsive buyer ketika berbelanja.

Trik #5: Buat Jadwal

Alih-alih menunggu inspirasi, coba buat jadwal teratur untuk menabung. Misalnya, mulai menyisihkan penghasilan untuk Hari Raya tiga bulan sebelumnya atau menyiapkan uang untuk liburan sambil menghabiskan jatah cuti paling tidak selama enam bulan. Studi yang dilakukan oleh Psychologial Science menunjukkan bahwa mereka yang mengadopsi cara ini akan menabung 78% lebih banyak dibandingkan mereka yang melakukannya secara “musiman”.

Sumber: cosmopolitan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

Begini Tanda-Tanda Alergi Telur pada Anak

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Sebagian anak bisa saja mempunyai alergi terhadap makanan tertentu, salah satunya adalah alergi pada telur. Sejumlah makanan memiliki kecenderungan menimbulkan alergi pada seseorang. Hal tersebut tergantung dari sistem kekebalan tubuh setiap orang, apalagi anak-anak dikenal sistem kekebalannya yang lebih rentan.

Seperti dikutip dari Kids Health.org, ada sekitar 2% dari anak-anak di dunia ini mengalami alergi pada telur. Beruntungnya, alergi dapat berkurang atau dapat diatasi seiring dengan pertumbuhan anak hingga mencapai usia 16 tahun.

Orang yang mengalami alergi pada telur, tubuhnya akan melepaskan senyawa kimia bernama histamin, dan kemudian menimbulkan beberapa gejala, antara lain:

  • sesak napas
  • mengi
  • batuk
  • suara serak
  • tenggorokan sesak
  • sakit perut
  • muntah
  • diare
  • gatal-gatal, bengkak dan berair pada mata
    timbul gatal bintik-bintik merah di kulit
    menurunnya tekanan darah
    pusing hingga pingsan

Reaksi alergi pada anak bermacam-macam berdasarkan tingkat keparahan yang berbeda. Apa pun gejala yang ditimbulkan, alangkah baiknya segera ditangani atau periksakan ke dokter.

Continue Reading

Lifestyle

Apa Benar Makan Buah Saat Perut Masih Kosong Berbahaya?

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Pasti kebanyakan orang pernah mendengar pernyataan bahwa kalau sebaiknya tak makan buah saat perut masih kosong. Banyak orang yang mengatakan bahwa makan buah saat perut kosong bikin sakit perut. Benarkah hal tersebut?

Buah adalah makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin penting untuk tubuh. Kandungan gula yang tinggi di dalam buah-buahan seringkali membuat perut jadi terasa penuh dan menyebabkan gas. Hal ini ternyata disebabkan oleh proses fermentasi yang terjadi setelah makan buah di dalam perut. Inilah yang kadang menjadi penyebab perut sakit.

Sebenarnya makan buah ketika perut kosong aman-aman saja kok. Jika perut terasa begah dan banyak gas, sebenarnya hal tersebut karena disebabkan proses fermentasi buah di dalam perut. Tidak semua buah akan mengalami proses fermentasi yang sama, hanya buah yang mengandung asam tinggilah yang memproduksi gas di dalam perut lebih banyak.

Malahan dianjurkan untuk makan buah sebelum nasi agar nutrisinya bisa diserap sempurna oleh tubuh dan tidak jadi racun.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Continue Reading

Lifestyle

Pantang Menyerah, Ini 4 Zodiak Pekerja Keras

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Kerja keras adalah kunci utama kesuksesan. Walaupun pernah mengalami kegagalan, namun seseorang disarankan untuk tidak patah semangat agar mencapai kesuksesan dan jangan pernah menyerah.

Selama memiliki kesuksesan yang diharapkan, bekerja keras tentunya bukan perkara yang susah lagi untuk dilakukan. Seperti mengutip dari laman yourtango.com, ada orang-orang dengan zodiak tertentu yang terlahir menjadi pribadi paling pekerja keras. Sangat mengesankan, orang-orang ini dikenal tidak mudah menyerah walaupun sering mengalami kegagalan.

Aries

Aries adalah zodiak pertama yang paling atau sangat pekerja keras. Aries terlahir dengan zodiak yang memiliki ambisi dan mimpi besar. Untuk mencapai ambisi dan mimpi tersebut, mereka tak akan main-main dengan usaha serta doanya. Demi menggapai mimpinya, ia rela mengorbankan waktunya dan tenaganya. Baginya, menyerah adalah keputusan yang akan menjatuhkan harga dirinya sendiri.

Capricorn

Capricorn merupakan orang yang teliti, detail dan pekerja keras. Ketika melakukan sesuatu, sangat kecil kemungkinan baginya melakukan kesalahan. Mereka selalu mengikuti kata hati dan pikirannya untuk mencapai kesuksesannya. Saat mengalami kesalahan, ia akan berusaha kuat agar tidak melakukan kesalahan yang sama ke depannya.

Taurus

Zodiak selanjutnya yang sangat pekerja keras ialah Taurus. Orang yang berzodiak Taurus akan bekerja sangat keras demi mencapai kesuksesan yang maksimal. Meski sangat pekerja keras, Taurus pandai mengatur waktu kapan ia harus bekerja, kapan ia harus berkumpul bersama keluarganya dan kapan ia harus membahagiakan dirinya sendiri.

Virgo

Virgo ada di urutan ke empat sebagai pribadi yang paling pekerja keras. Mereka umumnya menyukai segala hal yang terkini. Mereka punya keinginan kuat buat maju dan sukses. Walau terkadang sangat ambisius, itu semua dilakukan demi kehidupannya yang lebih baik.

Itulah 4 zodiak yang paling pekerja keras. Zodiak lain yang juga sangat pekerja keras adalah Libra, Cancer dan Leo.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com